Harga Mobil LCGC Naik Lagi di Bulan Ini?

0
(Carvaganza)

RiderTua.com – Mobil LCGC sudah lama dikenal dengan harganya yang cukup terjangkau. Tentu saja karena ini berkat insentif khusus yang diberikan untuk mobil jenis tersebut. Namun entah mengapa harga mobil LCGC terus naik bahkan hingga bulan April ini. Setidaknya ada dua faktor yang menyebabkan banderolnya terus meningkat.

Baca juga: Ini 24 Mobil Penerima Insentif Pajak di Indonesia

Harga Mobil LCGC Terus Naik Hingga Bulan April

LCGC memang tak termasuk jenis model yang mendapatkan insentif pajak mobil 1.500 cc ke bawah. Tentu saja karena model ini sudah punya insentifnya sendiri, walau agak sedikit berbeda dari insentif tersebut. Apalagi besaran diskonnya juga sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan insentif mobil 1.500 cc.

Segmen ini sudah hadir selama 8 tahun, dan kini diisi oleh berbagai model yang cukup beragam, dari model 5-seater sampai 7-seater. Meski dengan harga murah sekalipun, LCGC tak bisa lepas dari kenaikan harga yang terjadi tiap bulannya. Seperti pada bulan April ini, dimana banderol mobil ‘murah’ mengalami kenaikan lagi.

(Honda Indonesia)

Naik Sedikit

Meskipun harganya naik lagi, tapi rata-rata kenaikannya hanya mencapai Rp 1-2 jutaan. Contohnya Toyota Agya tipe termurah yang naik menjadi Rp 145 jutaan dan tipe termahalnya naik hingga Rp 171 jutaan. Ada juga Brio Satya yang juga mengalami hal serupa, dimana banderolnya kini menjadi Rp 151-175 jutaan.

Jadi kenapa harganya naik? Selain akibat penyesuaian pajak mobil mulai tahun baru, mobil baru harus dilengkapi dengan APAR (alat pemadam api ringan). Tapi toh kenaikannya tak terlalu besar, apalagi masih ada model LCGC lainnya yang masih mematok harga lamanya. Seperti duo Daihatsu Ayla-Sigra, serta Suzuki Karimun Wagon R.

Kenaikan harga mobil ini sudah menjadi pemandangan biasa, terlebih setelah ditetapkan aturan soal kelengkapan APAR pada model baru. Mungkin kenaikan tersebut takkan mempengaruhi penjualannya secara signifikan. Meski ada kemungkinan bisa terpengaruh dari insentif pajak mobil 1.500 cc yang sudah mulai diberlakukan sejak awal Maret lalu.

Leave a Reply