Categories: MotoGP

KTM Mengalami Masalah di Semua Sektor Kekuatan

RiderTua.com – KTM mengalami masalah di semua bagian, baik pengereman, menikung, atau akselerasi keseimbangannya tidak tepat… Miguel Oliveira tampak sedih setelah finis ke-19 di sirkuit Losail Qatar pada hari Jumat. Dia kalah sekitar 1,3 detik dari Jack Miller dengan Ducati-nya. “Itu adalah hari yang membuat frustrasi,” keluhnya.

KTM Mengalami Masalah di Semua Sektor Kekuatan

Tempat ke-19 dan selisih 1,369 detik, jelas ini bukan yang diharapkan KTM di Qatar pada hari Jumat. Bahkan dalam tes selama 4 hari dua minggu lalu, tidak ada pembalap KTM yang berhasil masuk ke 15 besar. Sebelumnya, Brad Binder kemarin sempat mengklaim bahwa teknisi KTM telah menemukan penyebab kegagalan tes dan mampu mengatasinya.

Miguel Oliveira, peringkat ke-9 di Kejuaraan Dunia tahun lalu dan pemenang di GP Spielberg-2 dan Portimao itu harus benar-benar memperjuangkan gelar MotoGP untuk Red Bull KTM pada 2021. Atau setidaknya menempatkannya di 3 teratas.

Tak heran jika pembalap asal Portugal itu terlihat cukup tertekan setelah dua sesi latihan pada hari  Jumat. Miguel menanggapi hal ini, dia berkata, “Ini hari yang membuat frustasi. Karena posisi dan perbedaan waktu tidak ideal bagi kami. Tentu saja kami ingin lebih cepat. Kami mencoba solusi set-up baru hari ini yang bukan yang terbaik. Secara umum, tidak ada keseimbangan motor bagi saya. Saya berjuang untuk menjadi lebih cepat dengan set-up baru. Kami harus mencoba set-up yang berbeda pada hari Sabtu.”

Oliveira juga melaporkan, bahwa selama tes dia bak ‘menabrak tembok’ dengan KTM di Losail. Bahkan saat ini dia tidak membuat peningkatan yang signifikan di FP2 dengan ban belakang soft. “Hari ini motornya tidak jauh berbeda dibandingkan saat tes. Kami tahu di mana kami perlu meningkatkan. Tetapi sulit untuk menemukan solusi yang tepat. Tim sedang menghadapinya. Saya yakin untuk hari Sabtu,” imbuhnya.

Tapi apa yang diucapkan oleh pembalap pabrikan KTM itu terdengar lebih seperti sebuah slogan. “Jika tidak ada perbaikan setelah 5 hari, tidak ada keajaiban yang akan terjadi dalam semalam“.

KTM Menggunakan Perangkat Hole-shot dan Pengatur Ketinggian

Miguel Oliveira tidak hanya menggunakan perangkat hole-shot (perangkat start), tetapi juga pengatur ketinggian berkendara yang ditemukan oleh Ducati. Dengan sistem ini, bagian belakang motor diturunkan saat berakselerasi. Dimana hal ini mengurangi kecenderungan wheelie.

“Ya, kami utamakan menggunakan penyetelan ketinggian saat membalap keluar dari tikungan target. Kami akan keluar dari tikungan sedikit lebih cepat. Kami mendapatkan waktu dengan itu,” ujar pembalap berusia 26 tahun itu.

Perangkat holeshot KTM bekerja pada garpu dan peredam kejut. Oliveira kemudian menjelaskan lebih lanjut, “Masalah kami terletak di bagian belakang motor. Kami kesulitan menekan motor dengan benar, dengan ban yang baru dan soft. Kami harus meningkatkan performa ban belakang, terutama dalam satu lap kami harus melaju lebih cepat.”

Brad Binder juga mengeluhkan masalah saat berputar. Oliveira membenarkan hal itu, dia berkata, “Kami mengalami kesulitan di semua bagian. Jika kita ingin memaksa motor untuk melaju lebih cepat, kita menciptakan ketidakstabilan. Baik itu pengereman, menikung, atau akselerasi keseimbangannya tidak tepat.”

“Terlebih dulu kita harus mencari tahu area masalah mana yang perlu kita perbaiki. Kami tertinggal jauh dalam daftar catatan waktu. Tapi saya pikir kami dapat meningkatkan posisi kami secara signifikan dalam balapan. Balapan adalah cerita yang sangat berbeda di sini daripada kualifikasi. Tetapi ketika saya tertinggal jauh, sangat sulit untuk mencapai hasil balapan yang baik.”

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Omoda 7 Punya Potensi Untuk Dijual di Indonesia

RiderTua.com - Chery akhirnya memperlihatkan Omoda 7 kepada publik beberapa hari lalu. Mobil SUV ini menjadi model terbaru dari line-up…

30 April 2024

Marc Marquez, Joget dan Panjat Pagar : Sekarang Saya Mengenal Motor Ducati Lebih Baik

RiderTua.com - Marc Marquez menjalani tes hari Senin di Jerez selama 8 jam. Bagi pendatang baru tim Gresini Ducati itu,…

30 April 2024

Mazda akan Merilis CX-90 di Indonesia?

RiderTua.com - Mazda kini memiliki line-up mobil SUV yang cukup lengkap di Indonesia, baik model entry level maupun premium. Salah…

30 April 2024

Chery Dkk Sudah Siap Menjual Mobil Hybrid di Indonesia

RiderTua.com - Chery memang telah sukses dalam menjual mobil listriknya di Indonesia, yaitu Omoda E5. Dengan 3 ribu unit yang…

30 April 2024

Suzuki Siap Menjual Mobil Listrik Pertamanya Tahun Depan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan sejumlah mobil ramah lingkungan di pasar global. Hanya saja belum ada satupun yang merupakan mobil…

30 April 2024

Enea Bastianini : Serangan di Lap Terakhir Berhasil

RiderTua.com - Usai crash saat sprint pada hari Sabtu, awalnya Enea Bastianini menjalani balapan utama dengan relatif hati-hati sebelum menyalip…

30 April 2024