Categories: MotoGP

3 Hal yang Dikhawatirkan Valentino Rossi di GP Qatar

RiderTua.com – Valentino Rossi merasa lebih baik ketimbang tahun lalu, karena dia bisa mengikuti latihan bebas dengan lebih baik…. Bintang Petronas Yamaha, Valentino Rossi merasa bahagia dengan apa yang dicapainya di latihan bebas hari Jumat, di pembuka MotoGP musim 2021 di Qatar. Meski begitu, ada yang masih dikhawatirkan oleh pembalap berusia 42 tahun itu. Pemilihan ban, kekuatan Ducati dan Alex Rins adalah 3 hal yang wajib diwaspadainya.

3 Hal yang Dikhawatirkan Valentino Rossi di GP Qatar

Pada latihan bebas hari Jumat, Valentino Rossi berhasil finis di posisi ke-9 di Qatar. Pengalaman menunjukkan bahwa, catatan waktu di sesi malam lebih cepat daripada di FP3 pada hari Sabtu. Ini artinya dia bisa langsung masuk ke Q2.

“Saya senang dengan hasil hari ini. Saya memulai dengan baik di FP1. Tujuan besarnya hari ini adalah berada di 10 besar. Karena besok akan sulit untuk meningkatkan catatan waktu dalam suhu tinggi,” kata The Doctor yang memulai musim Kejuaraan Dunia ke-26 dan yang pertama di tim Petronas Yamaha.

“Saya merasa baik dengan motornya, saya melakukannya dengan cukup baik dan telah meningkatkan catatan waktu per lap dari tes pra musim sebelumnya. Ini baik. Menurut pendapat saya, saya telah meningkatkan gaya membalap saya. Kami bekerja keras untuk memasuki tikungan dan mengubah arah selama tes. Kami melakukan pekerjaan dengan baik dan secara fisik saya juga merasa bugar. Saya pasti dalam kondisi yang lebih baik daripada tahun lalu, karena saya bisa mengikuti latihan bebas dengan lebih baik. Kami juga memiliki atmosfer yang bagus di tim dan kami bekerja dengan baik di pit. Awal yang bagus.”

“Saya kalah 0,5 detik dari waktu tercepat, tapi saya masih di posisi ke-9. Ini bagus untuk hari ini, besok kami berharap untuk sedikit lebih baik. Sekarang kami harus terus bekerja dan meningkatkan sedikit untuk hari esok. Pemilihan ban juga tidak mudah. Tapi kami sudah mencapai tujuan kami untuk hari ini,” tegas pembalap asal Italia itu pada Jumat malam di Doha-Qatar.

Mewaspadai Lawan Terutama Alex Rins

Saat Valentino Rossi ditanya, bagian mana yang masih harus ditingkatkan? Vale menjawab, “Saya suka keseimbangan motor, tapi kami masih harus meningkatkan beberapa detail kecil, termasuk perangkat elektronik. Menurut saya, pilihan ban akan menentukan.”

“Hari Jumat dan Sabtu akan sangat panas, yang mengubah rencana sedikit untuk semua pembalap karena suhu aspal lebih tinggi. Tapi itu mungkin tidak terjadi pada hari Minggu. Oleh karena itu saya percaya bahwa pemilihan ban akan menjadi hal yang paling penting. Dan tentunya time attack (mencari lap tercepat) di kualifikasi untuk memulai dari posisi teratas di grid start.”

Berbeda dengan tes, pada balapan nanti para pembalap Moto2 berada di lintasan sebelum MotoGP. Dulu, Yamaha pernah menderita abrasi Dunlop berkali-kali, apakah M1 baru terasa lebih baik dalam hal itu? “Mungkin karena motornya lebih mudah dikendarai, yang membuat segalanya lebih mudah. Sebenarnya, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada Minggu sore, terutama setelah 5 atau 6 putaran,” imbuh Vale.

“Tidak ada yang tahu motor mana yang akan memiliki kecepatan terbaik dalam balapan. Itu hal yang baik tentang MotoGP. Kami harus bekerja dan mencoba untuk memahami. Tapi saya hanya bisa menjawab pertanyaan itu pada hari Minggu setelah balapan.”

Bagaimana juara dunia 9 kali kali itu melihat Ducati sebagai favorit memenangkan GP Qatar? “Saya melihat Miller dan Bagnaia hari ini. Mereka sangat cepat, motornya berakselerasi dengan sangat baik. Dan saya pikir Bagnaia dan Miller dalam kondisi yang sangat baik. Saat ini mereka adalah tim yang lebih kuat,” ujarnya.

Tapi Rossi juga mewaspadai pembalap Suzuki, “Rins membuat saya khawatir. Dia mengelola waktu dengan baik hari ini, karena dia biasanya memiliki lebih banyak masalah di sesi latihan. Selain itu, Suzuki kuat di paruh kedua balapan karena kurang memberi tekanan pada ban. Jadi mereka akan menjadi lawan yang tangguh pada hari Minggu, terutama Alex Rins..”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024