Peluncuran Toyota GR 86 Ditunda, Kenapa?

0
(CarsGuide)

RiderTua.com – Banyak orang yang sudah menanti kehadiran Toyota 86 versi Gazoo Racing (GR). Mobil sport ini akhirnya akan mendapatkan varian tersebut layaknya saudaranya, Supra. Namun kini peluncuran GR 86 harus tertunda tanpa alasan jelas dari Toyota. Disebutkan kalau mereka tengah merombaknya agar tak memiliki kesan ala mobil Subaru.

Baca juga: Toyota Yaris TRD Masih Dijual Walau Ada Varian GR

Peluncuran 86 GR Tertunda Tanpa Alasan Jelas Dari Toyota

Sebelumnya sempat beredar rumor seputar 86 serta kembarannya, Subaru BRZ, yang akan mendapat penyegaran. Tak sampai disitu, mobil sport legendaris Toyota ini juga mendapat varian lebih sporty garapan Gazoo Racing, sehingga akan dikenal sebagai GR 86. Bisa dibayangkan bagaimana performa serta penampilan model ini nantinya jika sudah dirilis.

Namun belakangan ini 86-BRZ terbaru tak juga diluncurkan, meskipun banyak yang sudah menanti kehadirannya. Ada yang menduga kalau kedua produsen mobil tersebut tak jadi meluncurkannya, termasuk GR 86. Namun yang terjadi malah sebaliknya, dimana Toyota menunda peluncuran GR 86 karena modelnya kurang sreg menurut mereka.

(Toyota Astra Motor)

Dirombak Total?

86 menjadi mobil kembaran dengan Subaru BRZ, sebagai hasil kerja sama antara Toyota dengan Subaru. Namun entah mengapa Toyota baru menyadari ada sesuatu yang salah dari model sportcar legendarisnya tersebut. Dimana performanya malah lebih mengarah ke mobil ala Subaru ketimbang Toyota sendiri.

Agar mempertahankan kesan khasnya seperti Supra, maka Toyota akan melakukan perombakan pada 86. Memang bukan secara keseluruhan, karena hanya mengganti beberapa komponennya saja, seperti transmisi bahkan tuning mesinnya sekaligus. Walau sebenarnya ini agak sulit untuk dilakukan, mengingat keduanya dibangun dari basis yang sama.

Jadi Toyota dan konsumennya harus lebih bersabar untuk menanti kehadiran 86 terbaru, termasuk varian GR-nya. Memang agak disayangkan karena harus ditunda, tapi lebih baik begitu daripada konsumennya tak puas akan performanya. Toh lihat saja varian GR saat ini sudah sukses dijual di pasar, dari GR Supra sampai GR Yaris, mendapat sambutan baik dari konsumen.

Leave a Reply