Ini Biaya Penggantian Fuel Pump Mobil Jika Tak Ada Recall

0
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Belakangan ini makin banyak mobil yang ditarik-recall di Indonesia akibat kerusakan pada fuel pump atau pompa bensin. Sebenarnya kampanye recall tersebut sudah tepat agar lebih menghemat waktu dan harga. Karena jika tanpa recall dari produsen, maka pemilik harus memperbaikinya sendiri dan menghabiskan dana tak sedikit. Disebutkan biaya penggantian komponen pompa bensin ini hampir tembus Rp 1 jutaan.

Baca juga: Toyota-Daihatsu Umumkan Recall Mobil di Indonesia!

Tanpa Recall Dari Produsen, Pemilik Harus Memperbaikinya Sendiri?

Hingga kini tercatat ada lebih dari 200 ribu unit mobil yang terdampak recall fuel pump di Tanah Air. Dari merek Honda, Mitsubishi-Nissan, sampai Toyota-Daihatsu hampir semuanya kena. Apalagi modelnya juga beragam, seperti Avanza-Xenia, Livina-Xpander, Mobilio, Camry, Corolla, bahkan model seperti Voxy dan Alphard juga ikut kena imbasnya.

Mungkin ada pemilik yang mengeluh kenapa harus ditarik dan diperbaiki secara besar-besaran oleh produsennya. Sebenarnya itu sudah langkah yang tepat untuk meringankan biaya perbaikan komponen bagi penggunanya. Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan kalau recall tersebut sudah menjadi kewajiban bagi tiap produsen otomotif.

(Mitsubishi Motors Indonesia)

Lebih Efisien

Lebih lanjut, ADM menganggap kampanye recall ini juga ‘menghindari’ pemilik mobil untuk membayar biaya yang harus ditempuh ketika komponennya diperbaiki. Karena disebutnya harga perbaikannya bisa nyaris tembus Rp 1 jutaan. Tentu itu akan sangat merepotkan bagi mereka yang tak punya banyak uang untuk memperbaikinya sendiri.

Sementara jika mobil diperbaiki ketika kampanye recall dilakukan, maka pemilik tak perlu membayar alias gratis. Tentu semua biaya perbaikan ditanggung oleh tiap produsen mobil, jadi recall bisa cepat diselesaikan. Tapi itu tergantung dari banyaknya unit yang ditangani serta waktu perbaikan komponennya.

Masalah fuel pump ini sudah diumumkan ke seluruh dunia, dengan lebih dari sejuta unit mobil yang terdampak karenanya. Tapi kebanyakan penarikan ini sering ditemukan di kawasan Asia Tenggara, dan melibatkan model yang cukup laris di pasar.

Leave a Reply