Uniknya Spatbor ‘Botak’ Yamaha M1 2021, Apa Fungsinya?

0
Uniknya Spatbor 'Botak' Yamaha M1 2021

RiderTua.com – Ada penampakan yang tidak biasa dengan ‘front fender‘ depan atau spatbor (voorspatbord: bs. Belanda) atau biasa kita dengar dengan nama ‘mudguard’, di bagian tengah pada Yamaha M1 baru di tes Qatar kemarin. Jika diamati mirip dengan orang memakai topi golf berlobang atau mirip kepala botak sehingga bisa disebut fender atau spatbor ‘Botak’… Jika ada upaya mendesain ulang bagian itu tentunya ada tujuan untuk ban depan atau sekitarnya.. Apakah untuk pendinginan ban atau semacamnya?

Uniknya Spatbor ‘Botak’ Yamaha M1 2021

Yamaha membawa spatbor depan baru dengan tujuan (mungkin) aerodinamika bahkan di ducati fungsi aero ‘rancu’ atau bahkan disamarkan dengan fungsi pendingin ban belakang (sendok ben belakang).. Untuk tes Qatar bagian atas spatbor dipotong dan memperlihatkan dengan jelas ban depan bagian atas. Tetapi tampaknya model ini merupakan tindakan pencegahan terhadap panas pada ban depan yang beberapa kali menjadi masalah pada Yamaha tahun lalu. Jika ini berfungsi mendinginkan ban? mungkin model ini akan dicontoh pada motor-motor produksi, atau tidak karena modelnya secara estetika kurang..

Pada motor Valentino Rossi terlihat jelas penambahan perangkat aerodinamika atau mungkin juga berfungsi sebagi pendingin cakram rem depan..

Sama seperti Ducati, Yamaha sepertinya mulai bermain-main dengan fairing di sekujur bagian motor bahkan tempat terkecil yang tersedia. Tujuannya jelas meningkatkan fungsi, aerodinamika (handling), pendinginan (ban, rem). Apalagi sekarang tidak bisa mengembangan mesin karena dibekukan hingga tahun depan. Namun anehnya Yamaha jarang memakai model-model yang aneh paling tidak meskipun di uji coba tidak akan dipakai dalam balapan…

Melihat pembalap Yamaha rata-rata puas dengan hasil tes, kemungkinan apa yang dilakukan oleh insinyur Jepang Iwata ini membawa hasil… Kita tunggu saja bagaimana Yamaha M1 tampil di seri pertama Qatar, apakah model ‘fender botak’ ini muncul di sana atau ditanggalkan karena malu? hehe….

Leave a Reply