Diakui Aleix Espargaro: Yamaha Motor Paling Stabil dan Terbaik di Dunia!

0

RiderTua.com – Dalam hal stabilitas tunggangan balap ( meliputi sasis dan paket motor), Aleix Espargaro berujar bahwa Yamaha motor paling stabil dan terbaik di dunia… Mungkin karena filosofi inilah insinyur Yamaha tidak mau merubah pakem M1 meskipun semua pembalap inginkan karakter motor yang lebih sangar… Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro adalah sebuah kejutan besar dari tes Qatar pekan lalu. Dia mampu menyelesaikannya di tempat ke-6, hanya terpaut 0,5 detik di belakang catatan waktu yang luar biasa dari pembalap pabrikan Ducati Jack Miller. Apa harapan Aprilia untuk bertarung di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021?

Aleix Espargaro: Yamaha Motor Paling Stabil dan Terbaik di Dunia

Pada Februari 2020 di Sepang-Malaysia, Aprilia mempresentasikan RS-GP yang sepenuhnya sudah direvisi. Hasil tes dari motor tersebut sangat menjanjikan, saat tes Sepang berada di tempat ke-10 dan tempat ke-13 di Qatar. Harapan pun muncul di Noale yang secara signifikan mengurangi jarak ke kompetisi. Tapi ketika pembukaan musim di Jerez ditunda, ada ‘the big shock’ (mengutip kata-kata Aleix Espargaro). Dalam 14 balapan di musim 2020, dia hanya tiga kali masuk 10 besar.

Kini rasa percaya diri Aprilia tumbuh lagi. Dengan posisi ke-6 dalam timesheet gabungan tes Qatar, Aleix Espargaro lagi-lagi adalah sebuah ‘kejutan’ dari pramusim singkat di musim 2021. Pembalap berusia 31 tahun itu tidak percaya bahwa, akan ada kejutaan lainnya di balapan pertama.

“Tahun lalu saya merasa senang setelah tes. Karena kami menjalani tes musim dingin yang baik, tetapi berbeda dengan tahun ini kami berada di antara posisi 6 dan 10. Tapi kami tidak berhasil melakukannya lagi sampai akhir musim. Sayangnya, kami tidak berhasil memperebutkan posisi ini sebelumnya,” kata pembalap asal Spanyol itu.

Pada tahun 2021, segala sesuatunya mungkin akan berjalan berbeda, setelah Aleix berhasil duduk di peringkat 1, 3, 6, dan 5 pada tes IRTA individu.

Pembalap kakak Pol Espargaro itu menambahkan, “Ini cerita yang berbeda. Catatan waktu yang kami tetapkan di Qatar dan sebelumnya di Jerez jauh lebih kompetitif dibandingkan tahun lalu. Dalam simulasi balapan, saya juga melahap banyak lap dalam waktu 1:54 menit. Jadi, motor ini memberikan kesan yang lebih baik dari tahun lalu. Balapan selalu berbeda, tapi saya pikir kini jauh lebih baik dari tahun lalu,” tegas Aleix.

Apa perbedaan RS-GP 2021 dari motor tahun sebelumnya? “Motor kami bukanlah sebuah revolusi, tetapi banyak detail kecil membuatnya sangat berbeda. Perubahan yang kami lakukan pada aerodinamika telah memberi kami downforce lebih besar. Akselerasi kami meningkat pesat.  Sayang kami kehilangan sedikit pada top speed. Mesin baru juga lebih lembut di kecepatan rendah,” jawab pembalap berusia 31 tahun itu.

RS-GP Terbaru Lebih Berat

Pembalap pabrikan Aprilia itu juga merasa lebih nyaman dengan sasis dan posisi duduknya, tetapi menurutnya motor ini sangat menuntut secara fisik. Meskipun RS-GP telah merampingkan untuk tahun ini. “Rasanya jauh lebih berat, setelah simulasi balapan saya benar-benar kelelahan,” ungkap Aleix.

Menurut Direktur Teknis Aprilia Romano Albesiano, jok baru juga harus bisa mengatasi vibrasi atau getaran.”Ya, kami tidak mengalami getaran pada motor bahkan saat di Jerez, pada trek di mana kami biasanya memiliki sedikit masalah,” kata Espargaró menegaskan.

Aleix Espargaro menyatakan, “Semua perubahan menuju ke arah yang sama kekakuan (rigidity) dan stabilitas. Itu disambut baik, karena menurut saya, Yamaha adalah salah satu motor terbaik di dunia dan merupakan motor paling stabil. Kami akan sedikit ke arah itu dengan sasis baru. Tapi motor saya sekarang terasa sangat berat, saya mungkin harus sedikit melatih otot saya atau mencoba solusi lain,” pungkas Aleix sambil tersenyum.

Leave a Reply