Hasil Tes Qatar Day-5: Melaju dalam Badai Pasir

0
Hasil Tes Qatar Day-5: Melaju dalam Badai Pasir

RiderTua.com – Ini bukan wet race atau balapan hujan, namun mereka sedang melaju di atas pasir.. Tes Qatar Day-5, angin yang meniup pasir ke lintasan mengganggu jalannya uji coba pada hari Jumat (12/03).. Di hari terakhir pengujian kelas MotoGP sebelum kick-off akhir Maret, kondisi di Qatar tak mendukung. Hanya 5 pembalap yang berhasil mencatatkan waktu di tes terakhir IRTA.. Mereka adalah: Danilo Petrucci, Stefan Bradl, Takaaki Nakagami, Brad Binder, Pol Espargaro…

Hasil Tes Qatar Day-5: Melaju dalam Badai Pasir


Tes IRTA hari kelima dan terakhir untuk kelas MotoGP di Qatar dimulai dengan sangat lambat. “Sangat berangin dan sangat panas, suhunya naik 7 derajat dibandingkan kemarin. Sekarang 38 derajat, itu sangat tinggi, ” kata Pecco Bagnaia, menjelaskan kondisi yang kurang ideal setelah pukul 14.00 waktu setempat (18.00 WIB). Masalah utamanya adalah pasir yang terhempas ke trek.

Michele Pirro melakukan uji coba lap pertama setelah satu jam sesi tes di mulai, tetapi segera berbalik ke arah garasi Ducati. Lebih dari satu setengah jam setelah dimulainya tes, test rider Suzuki Takuya Tsuda dan pendatang baru Tech3-KTM Danilo Petrucci melakukan lap pertama mereka.

Hingga lap kedua dan menjadi lap terakhir dari pembalap Italia itu masih menjadi satu-satunya lap yang bisa dihitung waktu dalam catatan waktu setelah tiga jam, namun catatn waktunya dua kali lipatnya 2: 01,308, pelan sekali bukan.

Sebagai perbandingan: Jack Miller telah memecahkan rekor lap tidak resmi sepanjang masa dalam 1: 53,183 menit pada hari Rabu di Sirkuit Internasional Qatar. Setelah tiga jam 40 menit, Pol Espargaro pergi menyusul ke trek berpasir, pembalap Repsol Honda melaju dengan menit 2: 01.303.

“Tidak ada berita hari ini. Tidak ada yang membalap, lintasannya tidak akan bersih,” kata pendatang baru Enea Bastianini pada pukul 18.00 waktu setempat  (22.00 WIB) tiga jam sebelum tes resmi berakhir.

Beberapa saat kemudian sesi tes diinterupsi dengan bendera merah. Alasannya: Para pekerja lintasan sekarang mencoba membersihkan trek.

Sebagian besar pembalap MotoGP tidak turun lagi ke lintasan karena kondisi yang buruk. Jack Miller (Ducati) tetap berada di depan dalam catatan waktu gabungan. Badai pasir menghalangi pekerjaan tim dilanjutkan di akhir tes kelima di Qatar. Setelah bendera merah sekitar satu setengah jam di mana trek dibersihkan, beberapa pembalap turun ke trek sesaat sebelum jam 8 malam waktu setempat (00.00 WIB).. Danilo Petrucci, Stefan Bradl, Takaaki Nakagami, Fabio Quartararo, Brad Binder, dan Pol Espargaro adalah daftar pembalap yang nekat turun ke trek pertama.

Petrucci adalah satu-satunya pembalap yang mampu mencatatkan waktu di kisaran 1:59 dalam 1: 58,157 menit. Beberapa pembalap yang berani keluar di trek pada hari Jumat jauh dari catatan menakjubkan beberapa hari terakhir.

Hasil Tes MotoGP Qatar Day-5, 12 Maret:

1. Danilo Petrucci, KTM, 1: 58.157
2. Stefan Bradl, Honda, + 1,275
3. Takaaki Nakagami, Honda, + 1.657
4. Brad Binder, KTM, + 2.984
5. Pol Espargaró, Honda, + 3.146

Leave a Reply