Categories: MotoGP

Jorge Martin Tak Mau ‘Mencontek’ Gaya Balap Yamaha, Pilih Aprilia!

RiderTua.com – Alasan Jorge Martin tak mau mengikuti dan belajar dari pembalap Yamaha karena menurutnya akan menjadi bencana… Rookie dari tim Pramac Ducati, Jorge Martin membuat kemajuan apik dalam tes MotoGP di Qatar. Pembalap berusia 23 tahun itu merasa puas dengan long run dan time attack-nya. Bahkan crash yang terjadi di Tikungan-15, tidak mengubah apapun. Dalam tes Martin membiarkan dirinya berada di belakang Aprilia.. “Saya dapat mempelajari beberapa hal dari Aleix Espargaro (Aprilia). Tapi menurut saya yang paling masuk akal adalah mengikuti pembalap Ducati. Jika saya mengikuti pembalap Yamaha, itu bisa menimbulkan bencana bagi saya. Tidak ada gunanya mencontoh sesuatu dari pabrikan lain karena belum tentu sesuai dengan motor milik kita,” ujar Martin.

Jorge Martin Tak Mau Mencontek Gaya Balap Yamaha, Pilih Aprilia!

Selama lima hari tes di Losail International Circuit-Doha, Jorge Martin biasanya lebih suka melakukan putaran sendiri. Pada tes hari Kamis, dia bertemu dengan Aleix Espargaro (Aprilia) dan membiarkannya dia menariknya (slip stream). Tetapi Martin percaya, bahwa saat melakukan sendirian itu akan lebih membantunya.

“Saya membiarkan Aleix menarik saya (dengan slip stream) dan saya dapat mempelajari beberapa hal. Tapi menurut saya yang paling masuk akal adalah mengikuti pembalap Ducati. Jika saya mengikuti pembalap Yamaha, itu bisa menimbulkan bencana bagi saya. Tidak ada gunanya mencontoh sesuatu dari pabrikan lain karena belum tentu sesuai dengan motor milik kita,” ujar pembalap asal spanyol itu.

Tapi sekarang yang bekerja dengan cukup baik adalah untuk long run (simulasi balap) dan time attack pada satu lap (kualifikasi). Jorge Martin, yang menyelesaikan tes hari sebelumnya dan merupakan pembalap pertama yang mencatatkan waktu yang stabil, melaju 14 lap dengan tangki penuh dan memberikan waktu lap konstan dalam kisaran 1:55 menit.

Pada lap tercepatnya, dia melewati garis setelah 1: 54.483 menit dan menyelesaikan hari itu dengan menjadi tercepat ke-14. “Kami membuat kemajuan nyata hari ini. Saya kompetitif dengan ban soft dan saya pikir kali ini cukup layak setelah hanya lima hari mengendarai motor MotoGP,” imbuhnya.

Cuaca Tak Membuat Martin Khawatir

Di sisi lain, ban medium tidak menggembirakan. Pembalap asal Spanyol itu menegaskan, “Pada awalnya saya keluar dengan ban ini dan langsung masuk ke Tikungan 15. Aneh, sejauh ini biasanya saya tidak memiliki masalah. Saya pikir itu karena kami memiliki kondisi angin yang berbeda. Bagi saya dengan ban depan medium, itu buang-buang waktu saja.”

Balapan pembuka musim akan segera berlangsung, mantan pembalap Moto2 itu percaya diri mampu untuk memainkan peran yang baik. Dia berkata, “Saya tidak harus membuat kemajuan besar di area mana pun, melainkan sedikit di beberapa area. Saya pikir saya bisa masuk 10 besar atau 12 besar.”

Martin pun menjelaskan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. “Saya masih kehilangan waktu saat masuk tikungan. Dan mungkin harus mengejar ketinggalan ketika saya harus berakselerasi lagi. Di sisi lain, saya mengejar ketinggalan dibandingkan dengan rekan merek saya. Saya pikir kami tidak jauh dari persaingan,” ujarnya.

Kondisi cuaca tes hari Jumat diperkirakan ada angin kencang yang kemungkinan akan membawa pasir. Meski begitu hal itu tidak membuat Martin khawatir. Karena tujuannya jelas, “Saya ingin terus belajar dan terus berkembang.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024