Perjalanan ‘Singkat’ Honda Jazz di Indonesia

0
(CarWale)

RiderTua.com – Kini salah satu mobil hatchback di Indonesia, yaitu Honda Jazz, sudah tak dijual lagi. Karena tak bisa menghadirkan model terbarunya, maka Honda terpaksa harus menggantikannya dengan City Hatchback. Honda Jazz menjadi salah satu hatchback paling terkenal di Tanah Air. Tak hanya ikonik, desainnya yang sporty sudah menjadi identitas tersendiri bagi model ini.

Baca juga: Honda HR-V Laris Manis Berkat Insentif Pajak

Honda Jazz Menjadi Salah Satu Hatchback Terkenal

Perjalanan Jazz di Indonesia dimulai pada tahun 2003, dimana awalnya model ini dikenal sebagai Fit. Mesin 1.500 cc i-DSI yang dulu menjadi andalannya digantikan oleh mesin VTEC yang lebih bagus kualitasnya setahun setelah model ini dirilis. Saat itu model generasi pertamanya cukup simpel, hampir mirip dengan model generasi terbarunya di Jepang.

Generasi kedua Jazz diluncurkan pada tahun 2007 dan tersedia hingga tahun 2014. Modelnya dibuat lebih sporty dari dulu, dan tersedia dalam tiga varian seperti A, S dan RS. Jazz mendapat penyegaran pada tahun 2011 silam, dan kali ini difokuskan pada ubahan fascia serta penambahan fitur.

(CarTrade)

 

Model Baru

Kemudian generasi ketiganya diluncurkan untuk menggantikan model lamanya, dan inilah model yang bertahan hingga kini. Desainnya lebih sporty, meski kalau dilihat sekilas agak identik dengan mobil Honda lainnya seperti Mobilio atau BR-V. Walau begitu, Honda Prospect Motor (HPM) mampu menguasai segmen hatchback berkat penjualan dari Jazz selama ini.

Sayangnya HPM tak bisa membawa generasi keempat Jazz ke Indonesia. Padahal kalau dilihat ubahannya cukup drastis, bahkan ‘menghilangkan’ kesan sporty yang dimilikinya selama ini. Jazz model terbaru memang didesain untuk konsumen wanita yang menyukai mobil dengan tampilan imut namun modern.

Inilah alasan kenapa Honda tak dapat membawa generasi terbaru Jazz, sehingga mau tak mau mereka harus menyudahi produksi dan penjualannya disini. Sekarang Jazz sudah digantikan oleh saudaranya, yaitu City Hatchback. Mobil ini memiliki kesan sporty layaknya Jazz generasi terdahulu, apalagi didukung fitur yang mumpuni.

Leave a Reply