Categories: MotoGP

Miguel Oliveira: Tes untuk Mengevaluasi Part Baru Bukan Mengejar Catatan Waktu

RiderTua.com – Selain Suzuki, KTM juga sudah menguji mesin 2021.. Miguel Oliveira mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengevaluasi part baru bukan mengejar catatan waktu (bukan kualifikasi). Meski menempati posisi ke-12 pada tes hari ketiga di Doha-Qatar, Miguel Oliveira tidak mengkhawatirkan hal itu. “Karena kami masih punya dua hari tes hingga menjelang balapan pertama,” ujar bintang KTM Red Bull itu. Itu artinya kecepatan asli (fastest lap) akan muncul di akhir sesi (besok)?

Miguel Oliveira: Tujuannya untuk Mengevaluasi Part Baru Bukan Mengejar Catatan Waktu

Miguel Oliveira menyelesaikan tes hari ketiganya bersama tim pabrikan KTM Red Bull di Sirkuit Losail. Dia sekarang didampingi mantan kepala kru Pol Espargaro, Paul Trevathan. Pembalap asal Portugal itu finis di urutan ke-12 sebagai pembalap KTM terbaik, kalah 1,343 detik dari catatan waktu tercepat Jack Miller (Ducati).

Runner-up dua kali (Moto3/2015 dan Moto2/2017) itu berbicara tentang hari yang positif. “Itu adalah typical tes, di mana tujuannya adalah untuk mengevaluasi part-part baru bukan mengejar catatan waktu. Untuk performa kami, kami telah sedikit meningkatkan lap time, tapi tidak cukup. Namun potensi untuk mencapai yang lebih baik masih ada. Dan langkahnya sangat mengesankan,” kata pembalap berusia 26 tahun itu.

“Kami belum cukup kompetitif untuk berada di depan. Tapi kami masih punya waktu dua hari untuk meningkat. Dan kemudian masih ada latihan bebas (FP) sebelum race MotoGP .”

Saat Oliveira ditanya, apakah dia mengkhawatirkan peringkatnya saat ini? Dia menjawab dengan tegas, “Tidak. Jika hari Sabtu setelah kualifikasi balapan pertama, saya akan mulai merenungkan. Tapi sekarang kami masih punya cukup waktu untuk menemukan solusi yang lebih baik. Jadi masih belum ada alasan untuk merasa khawatir.”

Mesin Baru KTM Bebas Masalah

Brad Binder mengeluh bahwa dia tidak memiliki perasaan yang baik untuk bagian depan motor saat ini, jadi dia terjatuh tiga kali pada hari Sabtu dan Minggu. Melihat hal ini bagaimana menurut Oliveira tentang hal ini?

Oliveira menjawab, “Tata letak trek ini rumit. Selain itu, senyawa ban yang dibawa Michelin ke Qatar hanya bekerja untuk beberapa lap. Tetapi bagi kami di KTM, membosankan untuk mengaturnya ke suhu yang aman untuk melaju. Jika saya jatuh, saya akan kehilangan kepercayaan akan kemampuan ban depan. Dan saya kira itu yang dialami Brad.”

“Tapi bagi saya bagian depan motor tidak masalah. Tentu saja, selalu ada waktu untuk melakukan perbaikan. Losail tidak cocok untuk tes KTM. Tapi kenyataannya kita masih harus melakukannya di sini.”

Untuk pertama kalinya, Oliveira menjajal motor RC16 yang dimodifikasi pada versi 2021 pada hari ketiga tes. “Mesin baru sejak awal memberi saya perasaan positif. Itulah mengapa saya menghabiskan sebagian besar waktu dengan ‘mesin spesifikasi baru’. KTM telah kehilangan ‘konsesi’. Oleh karena itu, KTM harus membangun spesifikasi mesin yang baru.”

“Untuk pertama kalinya, kami tidak lagi diizinkan menggunakan dua mesin seperti lawan kami. Jadi KTM harus memilih strategi yang berbeda, mesin sekarang harus beroperasi lebih lama dan mampu menempuh jarak yang lebih jauh. Hari ini kami ingin mengetahui apakah mesin baru ini memiliki kekurangan. Tapi tidak ada. Itu adalah tes mesin yang cukup bebas masalah,” pungkas pemenang GP Spielberg-2 dan Portimao itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024