Avanza-Xenia Berpotensi Kena Recall Fuel Pump?

0
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Recall mobil karena fuel pump ternyata masih terus dikebut oleh produsen otomotif. Salah satunya Toyota, yang baru-baru ini menarik 3 ribu unit Avanza di Malaysia karena masalah tersebut. Kini ditemukan bahwa Avanza-Xenia di Indonesia bakal mengalami hal serupa seperti di negara tetangga. Walau Toyota dan Daihatsu sampai sekarang berusaha untuk terus mempelajari detailnya.

Baca juga: Toyota Avanza Kena Recall… Di Malaysia

Avanza-Xenia di Indonesia Bakal Di-recall?

Memang recall fuel pump ini dilakukan di seluruh dunia, tapi kebanyakan berpusat di kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya Honda sudah menarik sejumlah mobilnya di tiga negara termasuk Indonesia. Sementara Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan recall terhadap Kijang Innova sampai Fortuner-Hilux.

Namun setelah recall Avanza di Malaysia, banyak orang yang khawatir kalau Avanza di Indonesia juga bernasib serupa. Terlebih unit yang terkena dampaknya adalah unit produksi bulan Oktober 2017 sampai Juni 2019. Kemungkinan angkanya bisa lebih tinggi dari di Negeri Jiran jika ditambah dengan kembarannya, Xenia.

(Daihatsu)

Pompa Bensin

TAM sudah mengetahui penarikan LMPV tersebut di Malaysia, dan sampai sekarang masih dipertimbangkan untuk dilakukan di Tanah Air. Sementara Astra Daihatsu Motor (ADM) juga memberikan komentar serupa. Tapi bukan berarti Avanza-Xenia disini bebas recall fuel pump, karena bisa saja akan diumumkan sewaktu-waktu.

Baik Toyota maupun Daihatsu terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan pendataan jumlah model yang terdampak. Tak hanya itu, mereka juga melihat apakah dealer sudah memiliki stok komponen fuel pump yang baru. Komponen ini akan menggantikan bagian yang bermasalah untuk mengatasi masalah.

Sepertinya pemilik Avanza dan Xenia di seluruh wilayah di Indonesia harus bersiap-siap jika mobilnya masuk ke dalam daftar recall. Penarikan ini harus dilakukan untuk mengatasi masalah pompa bensin yang dapat menimbulkan masalah serius.

Leave a Reply