Toyota Avanza Kena Recall… Di Malaysia

0
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Ternyata Toyota baru mengumumkan recall Avanza di Malaysia belakangan ini. Sepertinya merek asal Jepang tersebut agak terlambat untuk mengumumkannya, entah apa alasannya. Toyota Avanza ditarik lagi karena bermasalah pada komponen fuel pump alias pompa bensin. Masalah ini sudah terjadi di sejumlah negara di ASEAN, tak terkecuali Indonesia.

Baca juga: Toyota Indonesia Sudah Buka Inden Raize, Tapi…

Toyota Avanza Ditarik Karena Fuel Pump

Nampaknya sampai sekarang masalah fuel pump di kawasan Asia Tenggara masih belum selesai. Masih banyak yang harus diselesaikan tak hanya di satu negara, tetapi di beberapa negara lainnya. Seperti yang terjadi pada Honda, yang harus menarik sejumlah mobilnya di Indonesia dan Filipina.

Mobil low MPV Toyota Avanza juga tak luput dari penarikan tersebut, dimana di Tanah Air ada sejumlah unit yang terdampak. Kini Toyota Malaysia menarik model ini disana hingga 3,9 ribu unit. Model yang terdampak berupa unit yang diproduksi pada bulan Oktober 2017 hingga Juni 2019.

(Toyota Motors Cebu)

Dua Kali Kena Recall

Toyota akan mengirim pemberitahuan recall kepada pemilik Avanza yang terdampak. Lalu mobil bisa dibawa ke dealer terdekat untuk dilakukan penggantian komponen dan tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Jumlahnya memang lebih sedikit dari di Indonesia, mengingat populasinya disana cukup kecil.

Dengan ini, maka Avanza sudah ditarik dua kali terkait masalah pompa bensin, sebelumnya MPV tersebut sudah di-recall di Indonesia. Masalah ini melibatkan lebih dari 5 juta unit mobil di seluruh dunia, termasuk Toyota didalamnya. Pompa tersebut diduga memiliki cacat produksi yang mengakibatkan malfungsi pada komponen ini.

Jika dibiarkan, maka mobil tak bisa dinyalakan dengan normal, dan berpotensi mogok saat dikendarai. Tentu ini membahayakan jika kendaraan dikendarai di jalan bebas hambatan seperti tol, atau bisa saja merepotkan ketika terjebak macet. Sejumlah produsen mobil terus melakukan penanganan tersebut guna mencegah masalah semakin serius.

Leave a Reply