Aprilia Butuh Tim Satelit Segera!

0

RiderTua.com – Aprilia butuh tim satelit dengan sesegera mungkin di MotoGP… Pada 11 Februari 2021, promotor MotoGP Dorna dan asosiasi tim IRTA mengumumkan kolaborasi mereka kembali setidaknya hingga 2026. Keenam pabrikan yakni Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki dan Yamaha juga akan tetap berkompetisi dibawah naungan mereka. Direktur Teknik Aprilia Romano Albesiano sadar bahwa waktu mendesak untuk segera mewujudkan rencana ini yang akan dilaksanakan paling cepat 2022.

Aprilia Butuh Tim Satelit di MotoGP Segera

Semua pabrikan yakni Aprilia, Ducati, Honda, KTM, Suzuki dan Yamaha yang saat ini bersaing di Kejuaraan Dunia MotoGP, pada 11 Februari 2021 yang lalu, mengumumkan jika mereka telah memperpanjang kerjasama dengan Dorna dan asosiasi tim IRTA setidaknya hingga 2026 mendatang.

Setelah 7 tahun bekerja dengan tim Fausto Gresini yang baru saja meninggal, Aprilia akan maju secara mandiri di musim 2021 ini. Yup, seperti semua pabrikan lain di kelas MotoGP. Direktur balap Aprilia, Massimo Rivola pada Juni 2020 lalu mengatakan, “Tujuan kami sangat jelas, yakni untuk mendapatkan dua kursi sendiri untuk tim pabrikan dan untuk mendaftarkan tim satelit.”

Aprilia akan mengikuti jalur yang sama dengan kompetitornya seperti Honda, Ducati, Yamaha dan KTM. Sementara Suzuki juga ingin melengkapi tim satelit pada tahun 2022. Mengenai hal ini Rivola menanggapi, “Dengan 4 motor kami dapat melakukan pekerjaan pengembangan lebih cepat. Kami ingin meyakinkan Piaggio bahwa itu akan menjadi komitmen yang sama sekali berbeda. Ini adalah jalan yang harus kita tempuh.”

Sependapat dengan Rivola, Direktur Teknik Aprilia Romano Albesiano sadar bahwa waktu mendesak untuk segera mewujudkan rencana ini yang akan dilaksanakan paling cepat 2022.

Pria asal Italia itu berkata, “Kami harus segera tahu, dalam beberapa bulan ke depan. Kami tidak bisa memutuskan sesuatu seperti ini sampai Juni atau September, tenggat waktunya sudah sangat dekat. Secara teknis, tentu menarik memiliki 4 motor di lintasan. Kami telah melihat bahwa pabrikan lain mendapat manfaat signifikan dari ini. Itu mungkin adalah upaya tim.”

By the way, 3 tahun lalu pada bulan Januari, KTM Factory Racing mengumumkan bahwa Tech3 tak lagi bekerja sama dengan Yamaha pada 2019, melainkan dengan KTM. Tak lama kemudian, suku cadang pertama dipesan untuk tes pada bulan November dan personel direkrut untuk mendukung on-track.

Ketika Albesiano ditanya, apa yang akan berubah untuk dirinya ketika Aprilia bertanggung jawab atas tim pabrikan mulai tahun 2022? Dia menjawab, “Dari sudut pandang teknis, itu tidak mengubah apapun. Secara formal, kami bukan tim pabrikan sekarang, tapi kenyataannya kami adalah tim pabrikan. Kemitraan dengan Gresini berarti tidak ada pembatasan bagi kami.”

Leave a Reply