Alex Marquez: Tahun 2021 Hanya Evolusi Motor Honda RC213V

0

RiderTua.com – Alex Marquez: Tahun 2021 adalah evolusi motor Honda bukan ubahan besar-besaran…  Alex memperkirakan akan terjadi balapan yang ‘gila’ pada seri pembuka MotoGP di Qatar. Sebelum itu, pembalap LCR-Honda itu mengenang kembali tahun rookie-nya dan mengungkapkan apa yang diinginkan pembalap berusia 24 tahun itu untuk tahun 2021.

Alex Marquez: Tahun 2021 adalah Evolusi Motor Honda Bukan Revolusi

Setelah dua kali finis di tempat kedua di Le Mans dan Aragon-1, Alex Marquez adalah salah satu kejutan positif bagi Honda di MotoGP 2020. Torehannya ini jelas mengejutkan semua pihak, dimana dia sempat mengalami fase awal yang sulit untuk musim rookie-nya tahun lalu.

Ketika Alex ditanya, bagaimana peningkatan ini terjadi, apakah itu karena motor atau perkembangan dari pembalap? Dia menjawab, “Saya pikir itu adalah perkembangan di kedua sisi. Motor tidak banyak berubah selama musim bergulir, tapi memang benar bahwa kami mengambil langkah besar dalam tes Misano.”

“Tapi bukan itu yang dipikirkan beberapa orang. Yang mereka pikirkan, ‘Saya mengganti motor dan memiliki motor Honda yang berbeda.’ Saya percaya ini adalah evolusi alami bagi pembalap, untuk menjalani tahun pertama mereka di MotoGP. Saya harus bekerja dan belajar banyak hal.”

Hal ini diperburuk dengan tes di Jerez yang hanya dilakukan satu hari saja, sebelum dimulainya musim MotoGP dengan jadwal yang ketat. Dan dalam waktu yang berdekatan selama hampir 5 bulan.

Di paruh kedua musim, Marquez merasa semakin percaya diri. Dia pun menjelaskan, “Pada saat itu saya berkata, ‘Kami bisa mulai mengubah set-up sedikit lagi.’ Saya memilih menggunakan set-up Marc, yang biasanya dia gunakan. Namun kami tahu di paruh pertama musim, bahwa set-up ini agak kritis untuk ban depan.”

“Tetap saja, itulah cara terbaik untuk menghidupkan motor ini dan menjadi sedikit lebih cepat. Jadi saya pergi lebih ke arah itu, yang bagus untuk saya. Saya merasa lebih nyaman, sungguh luar biasa bagaimana kami meningkatkan perasaan dari satu hari ke hari berikutnya. Tapi seperti yang saya katakan, itu juga peningkatan yang wajar.”

Evolusi Motor Honda Menguntungkan

Untuk tahun 2021, juara dunia dua kali itu dipindahkan dari Repsol Honda ke tim satelit LCR. Meski begitu dia terus menikmati dukungan penuh dari Honda. Apa yang Alex inginkan untuk RC213V baru?

Pembalap asal Spanyol itu menjawab, “Honda lebih berkonsentrasi pada hal-hal kecil karena pabrikan tidak diizinkan melakukan apa pun pada mesin. Saya pikir kami akan memiliki motor yang sangat mirip. Bukan revolusi, hanya evolusi dari motor yang kami kendarai di paruh kedua tahun lalu. Ini bisa sangat bagus, karena saya tahu betapa kerasnya Honda bekerja selama musim dingin. Kami akan menguji suku cadang baru di Qatar, dan semoga mereka berfungsi dengan baik.”

Bagian mana yang menjadi fokus? “Kami memiliki banyak kekuatan, tapi kami juga harus bisa menggunakan kekuatan ini. Semua pembalap Honda menginginkan itu. Karena kami tidak dapat menggunakan semua tenaga di beberapa trek, karena kami kehilangan sedikit daya cengkeraman.”

“Jadi ini tentang bagaimana kita bisa mentransfer tenaga ke ban belakang. Kami mendorong lebih keras ke arah itu. Tetapi Honda memiliki visi yang jelas, seperti yang telah dijamin Takeo (Yokoyama) kepada kami. Jadi saya berharap ini akan berhasil untuk Qatar pada akhir musim,” imbuh Alex Marquez.

Pendatang baru LCR itu melihat fakta bahwa, motor Honda-nya hanya akan menjadi evolusi sebagai keuntungan mengingat kalender tes yang dikompresi di Qatar. “Ini pasti akan membuatnya sedikit lebih mudah. Tapi pramusim ini juga bakal jadi aneh, karena kami hanya tes di satu lintasan selama lima hari.”

“Balapan pertama akan menjadi ‘gila’, ketika semua pembalap telah melakukan terlalu banyak putaran di sana. Fakta bahwa kami mendapat motor yang serupa lagi, bagus untuk mendapatkan perasaan itu kembali. Karena setelah musim dingin, saya hanya perlu satu hari untuk menemukan jalan kembali ke sana. Jadi penting kalau motor tidak banyak berubah. Tetapi mulai hari kedua, kami akan mencoba hal yang berbeda,” pungkas Alex.

Leave a Reply