Hasil Penjualan Sepeda Motor Januari 2021 Tembus 300 Ribu Unit!

0
AISI pasang target penjualan

RiderTua.com – Meskipun sepanjang tahun 2020 lalu mengalami penurunan drastis, tapi pasar roda dua di Indonesia masih tetap tumbuh. Apalagi dengan makin banyaknya produk sepeda motor terbaru, membuat pasar semakin ramai oleh model anyar bagi konsumen. Mungkin inilah kenapa hasil penjualan motor bulan Januari 2021 lalu tembus hingga 300 ribu unit. Tentu ini hasil yang sangat tinggi, bahkan menjadi yang tertinggi sejak kondisi pasar menurun drastis.

Baca juga: BMW Motorrad Siap Rilis M 1000 RR di Indonesia!

Penjualan Motor Bulan Januari 2021 Tembus 300 Ribu Unit

AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) mencatat ada 394.773 unit motor yang terjual secara wholesales di Tanah Air pada Januari lalu. Hasil ini memang sangat tinggi, bahkan menjadi yang tertinggi sejak pasar otomotif diterpa oleh kondisi yang tak menentu hingga kini. Apalagi kalau hasil tersebut didapat selama sebulan.

Hasil tersebut juga mengungguli penjualan motor di bulan September 2020 yang mencapai sekitar 380 ribu unit. Sementara di bulan Desember 2020 menjadi yang tertinggi ketiga dengan 230 ribu unit terjual. Sudah terlihat jelas ada kenaikan signifikan dari hasil penjualan bulan Januari 2021.

Rekor Penjualan

Jika dirinci, motor skutik masih mendominasi dengan 266.256 unit yang terjual, sehingga mampu menyumbang 85,4 persen dari total penjualan. Kemudian motor bebek alias underbone terjual sebanyak 23.616 unit atau 7,6 persen, serta motor sport 21.823 unit atau 7 persen. Sisanya dari jenis lain, dari motor adventure sampai cruiser, dengan persentase lebih kecil.

Hasil yang didapat ini membuat AISI senang karena pasar roda dua Tanah Air masih berkembang pesat ditengah kondisi saat ini. Mereka berharap hasil tersebut bisa memulihkan penjualan tahun lalu yang sempat terpuruk, bahkan menjadi yang terburuk selama 16 tahun terakhir. Mungkin agak sulit untuk melakukannya dengan kondisi pasar yang masih belum stabil.

Tapi dengan banyaknya produk terbaru yang dikenalkan dari sejumlah produsen sudah menyumbangkan hasil terbaik. Semoga saja hasil ini bisa terus meningkat, atau paling tidak bisa dipertahankan hingga akhir tahun nanti.

Leave a Reply