Hasil Penjualan LMPV Turun, Ada Pergeseran Tren?

0
(AutoDeal)

RiderTua.com – Nampaknya produsen mobil di Indonesia masih harus berjuang untuk meningkatkan hasil penjualan ditengah kondisi seperti sekarang. Bahkan segmen low MPV yang biasanya laris kini anjlok dan tak lagi menjual hingga lebih dari 10 ribu unit per bulan. Adanya penurunan hasil penjualan LMPV yang begitu parah disebut Honda akibat pergeseran tren. Mereka menyebut kini konsumen Tanah Air lebih melirik ke segmen lain seperti city car atau mobil niaga.

Baca juga: Honda Brio Dominasi Penjualan Mobil Bulan Januari 2021!

Penurunan Hasil Penjualan LMPV Akibat Pergeseran Tren

Dari data penjualan mobil bulan Januari lalu oleh Gaikindo, Avanza yang biasanya menduduki posisi teratas kini harus menempati posisi ke-7. Dengan hasil mencapai 2.908 unit, Avanza tak mampu menyaingi model teratas seperti Honda Brio dan Suzuki Carry. Penurunannya bahkan menjadi yang terparah jika dibandingkan pada Januari tahun lalu.

Segmen low MPV menjadi salah satu segmen favorit konsumen Tanah Air sampai sekarang. Tapi kondisi pasar yang masih belum stabil sepertinya mulai menggeser tren tersebut, dan konsumen mulai beralih ke segmen lainnya. Inilah yang diperhatikan oleh Honda Prospect Motor (HPM), dimana ada pergeseran tren dari LMPV ke city car.

(Honda Cars Philippines)

Mobil Niaga Makin Laris

HPM melihat konsumen first buyer biasanya melirik model kompak dengan harga terjangkau seperti Brio (Satya dan RS). Apalagi mobil sejenis Brio memiliki value for money yang bagus menurutnya juga menjadi penyebab terjadinya pergeseran tren ini. Mungkin inilah alasan kenapa HPM meluncurkan varian RS Urbanite Edition beberapa hari lalu.

Memang tak hanya segmen mobil kota yang mengalami kenaikan tren, ada juga segmen mobil niaga yang ikut alami peningkatan penjualan. Suzuki Carry misalnya, dimana model ini mampu menempati posisi kedua penjualan, dengan selisih hasil sangat tipis ketimbang Brio. Dalam kondisi sekarang, konsumen membutuhkan kendaraan kecil yang bisa diandalkan untuk distribusi barang.

Soal LMPV, HPM sendiri punya Mobilio, dan hasil penjualannya memang tak setinggi rivalnya, Avanza dan Xpander. Entah apakah Honda punya rencana untuk menyegarkannya seperti CR-V, karena sudah cukup lama model ini tak mendapat facelift.

Leave a Reply