Honda Brio Dominasi Penjualan Mobil Bulan Januari 2021!

0
13 Tahun jadi mobil terlaris
(C! Magazine)

RiderTua.com – Meski dengan awal tahun yang begitu bagus, tapi pasar otomotif belum sepenuhnya memulih. Bahkan hasil penjualan mobil bulan Januari lalu mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. Walau begitu, Honda Brio tetap menguasai penjualan mobil di Indonesia bulan lalu dengan hasil yang lumayan bagus. Tapi dengan ini, mobil LCGC tersebut sanggup mengungguli Toyota Avanza.

Baca juga: Honda CR-V e:HEV Terbaru Dirilis di Eropa, Apa Bedanya?

Honda Brio Menguasai Penjualan Mobil Indonesia Bulan Lalu

Gaikindo mencatat penjualan mobil di Tanah Air sepanjang bulan Januari 2021 hanya mencapai 52.910 unit. Hasil ini menurun tipis jika dibandingkan dengan bulan Desember 2020 yang tercatat hingga 57.507 unit. Bahkan menurun hingga 34 persen dari hasil yang didapat pada Januari 2020.

Kondisi pasar yang menurun ternyata mulai diuntungkan oleh Honda Brio, yang sanggup menjual 3.840 unit. Mobil ‘murah’ ini masih mampu mempertahankan posisinya setelah meraih gelar sebagai mobil terlaris di Indonesia tahun lalu. Bagaimana dengan model lainnya? Ini daftarnya:

  1. Honda Brio (Satya dan RS): 3.840 unit
  2. Suzuki Carry: 3.814 unit
  3. Toyota Rush: 3.627 unit
  4. Daihatsu Gran Max (pikap dan minibus): 3.599 unit
  5. Mitsubishi Xpander (Cross): 3.469 unit
  6. Toyota Kijang Innova: 3.429 unit
  7. Toyota Avanza: 2.908 unit
  8. Daihatsu Sigra: 2.500 unit
  9. Toyota Calya: 2.325 unit
  10. Mitsubishi L300: 1.957 unit
(Honda Indonesia)

Toyota Tetap Perkasa

Baik Brio maupun Carry rupanya masih menempati posisi dua besar dalam penjualan mobil di Tanah Air. Sementara Avanza tak lagi terlihat, malah merosot hingga posisi ketujuh dengan hasil lebih sedikit ketimbang dua model tersebut. Bahkan Xpander yang menjadi rival utamanya sanggup mengalahkan Avanza.

Dari daftar ini bisa disimpulkan kalau konsumen Indonesia masih tertarik untuk membeli mobil dengan harga terjangkau. Terlebih mobil niaga seperti Carry yang dibutuhkan untuk mengantarkan logistik serta membantu pelaku UMKM.

Toyota masih menjadi merek mobil terlaris periode Januari 2021, dengan hasil penjualan mencapai 16.047 unit. Hasil ini memang sangat sedikit untuk produsen besar seperti Toyota, tapi dengan kondisi sekarang rasanya cukup sulit untuk menaikkan hasil tersebut. Insentif pajak nol persen sepertinya akan menjadi cara terakhir untuk mendongkrak penjualan.

Leave a Reply