Categories: MotoGP

Jorge Martin Pahlawan Ducati yang Hampir Jadi Rekan Marquez?

RiderTua.com – Apakah Jorge Martin akan jadi pahlawan Ducati selanjutnya?. Penampilan Martin menarik perhatian para pimpinan tim MotoGP. KTM dan Honda menunjukkan ketertarikannya, namun pada akhirnya pemenang balapan 10 kali itu lebih memilih Ducati di Pramac Racing Team. Bisa jadi dia akan menjadi rekan Marquez kalau di Honda, melihat disana di dominasi oleh pembalap Spanyol (Pol dan Duo Marquez).. Selain Enea Bastianini dan Luca Marini, Jorge Martin juga akan menjalani musim pertamanya di kelas MotoGP tahun ini. Pembalap Spanyol itu berada di kejuaraan dunia balap motor sejak 2015.

Jorge Martin Pahlawan Ducati yang Hampir Jadi Rekan Marquez?

Jorge Martin melakukan debut internasionalnya tiga tahun sebelum penampilan GP pertamanya. Pada tahun 2012 rookie MotoGP dari tim Pramac itu ikut berkompetisi di Red Bull Rookies Cup. Tapi sayang, musim tersebut tak berjalan sesuai harapan karena cedera. Tahun berikutnya dia bisa menebus kesalahan dan langsung menempati posisi kedua dalam kejuaraan. Pada 2014, dia mendominasi seri entry-level dan dinobatkan sebagai juara.

Pembalap berusia 23 tahun dari Madrid-Spanyol itu membuat penampilan GP pertamanya, pada 29 Maret 2015 di Qatar. Pada debutnya itu dia mampu mendapatkan poin Kejuaraan Dunia pertamanya. Tahun berikutnya atau tepatnya pada 2016, dia naik podium untuk pertama kali di Brno, di mana dia finis kedua.

Pada 2017, dia berhasil naik podium 9 kali sebagai pembalap Gresini Honda. Di musim ini dia juga sering menjadi pole setter. Di kompetisi terakhir musim ini, dia meraih kemenangan GP pertamanya di Valencia.

Pada 2018, Martin melanjutkan apa yang dia tinggalkan di tahun sebelumnya, dia juga memenangkan balapan pembuka kelas Moto3. Selama musim ini, dia menang 6 kali lebih banyak, finis ke-3 di Spielberg dan finis ke-2 di Misano dan Valencia. Pada akhirnya, itu cukup untuk memenangkan gelar dunia.

Jorge Martin Pahlawan Ducati yang Hampir Jadi Rekan Marquez?

Selain Ducati, KTM dan Honda Ternyata Juga Naksir Jorge Martin

Pada tahun 2019, dia dipromosikan naik ke kelas Moto2 dengan Red Bull KTM Ajo. Martin berhasil meraih poin di tempat ke-15 dalam balapan Moto2 pertama dalam karirnya. Di tahun pertamanya di Moto2, dia tercatat dua kali berada di posisi 3 teratas. Di Jepang dia finis ke-3, dan dalam balapan berikutnya di Australia dia bahkan menempati posisi ke-2.

Di musim 2020, Martin mengumpulkan 6 podium lagi dan bahkan dua kali berada di puncak podium sebagai pemenang yakni di Red Bull Ring dan Valencia. Pada akhirnya dia finis peringkat kelima. Tapi dia harus melewatkan dua balapan karena sakit. Sebelum jatuh sakit, dia hanya terpaut 8 poin dari memimpin Kejuaraan Dunia!

Alhasil, penampilan Martin menarik perhatian para pimpinan tim MotoGP. KTM dan Honda menunjukkan ketertarikannya, namun pada akhirnya pemenang GP 10 kali itu lebih memilih Ducati dari Pramac Racing Team.

Seperti rekan rookie-nya Enea Bastianini dan Luca Marini, dia akan melakukan segala daya untuk memenangkan gelar rookie of the year dan menjadi pahlawan Ducati berikutnya di musim 2021.

Pekan lalu Jorge Martin berlatih dengan Ducati Panigale V4S bersama rekan-rekan Desmosedici di Jerez. Saat ini dia berlatih keras dengan motor MX, seperti yang dia ungkapkan di media sosial. Hari Rabu (17/2/21), dia melakukan latihan MX untuk terakhirnya sebelum tes Qatar (5 Maret).

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024