Yamaha ‘Pelit’ Tes Motor Baru Lagi? Kasus Lorenzo Terulang pada Cal Crutchlow?

0
Yamaha Pelit Tes Motor Baru Lagi? Kasus Lorenzo Terulang pada Cal Crutchlow?
Yamaha Pelit Tes Motor Baru Lagi? Kasus Lorenzo Terulang pada Cal Crutchlow?

RiderTua.com – Yamaha pelit untuk tes motor baru lagi? kasus Lorenzo terulang pada Cal Crutchlow?. Sementara Minggu lalu, Honda, Aprilia dan KTM telah melibas Jerez untuk tes. Tes rider Ducati Michele Pirro juga ada di sana mengendarai Desmosedici yang baru.. Semua rival sudah bergerak.. Namun Meregalli mengungkap alasan Cal Crutchlow hanya menjalani tes di Qatar… Yamaha M1 baru tidak akan turun ke arena balap motor hingga tes resmi pertama MotoGP musim 2021 yang digelar di Qatar. Stefan Bradl (tes rider Honda) and rekan lainnya telah mempersiapkan musim baru di Jerez. Sementara itu, Cal Crutchlow tidak akan memulai pekerjaan barunya sebagai tes rider Yamaha, sampai tes Shakedown di Qatar pada 5 Maret.

Meregalli Mengungkap Alasan Cal Crutchlow Hanya Menjalani Tes di Qatar

Meskipun Yamaha memenangkan hampir setengah dari balapan MotoGP tahun lalu, gelar pembalap dan tim jatuh ke tangan Suzuki. Pabrikan asal Jepang itu mempertaruhkan semua peluang untuk memenangkan mahkota desainer 2020. Tapi dengan skandal klep dan pengurangan poin yang menimpanya, harapan pabrikan berlogo garpu tala itu pupus sudah.

Selain itu, hanya dengan menggunakan motor A-spec M1 yang mengambil basic dari M1 2019, Franco Morbidelli menjadi pembalap terbaik Yamaha. Dia menjadi runner-up dibelakang sang juara dunia Joan Mir (Suzuki). Jadi, ada banyak hal yang harus dilakukan pabrikan Jepang itu pada tahun 2021.

“Kami cukup yakin, bahwa apa yang akan kami bawa ke Qatar akan menjadi langkah maju yang pasti bagi semua pembalap,” tegas manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli saat presentasi tim, pada Senin (15/2/21).

“Saya yakin karena kami telah melakukan segalanya untuk membuktikan, bahwa kami memulai tahun ini sebagai penantang gelar sesungguhnya. Selain bodi aero baru, kami melakukan perubahan pada sasis, lengan ayun, dan knalpot di musim dingin.”

Yamaha Pelit Tes Motor Baru Lagi? Kasus Lorenzo Terulang pada Cal Crutchlow?
Yamaha Pelit Tes Motor Baru Lagi? Kasus Lorenzo Terulang pada Cal Crutchlow?

Namun, Yamaha belum pernah melakukan tes satu hari pun dengan tes rider baru, Cal Crutchlow. Sementara pada Minggu lalu, Honda, Aprilia dan KTM telah melibas Jerez untuk tes. Tes rider Ducati Michele Pirro juga ada di sana mengendarai Desmosedici yang baru.

Menanggapi hal ini Meregalli menjelaskan, “Sayangnya kami tidak bisa mengujinya. Terutama karena pabrik kami ada di Jepang. Cuaca juga tidak membantu. Apalagi Cal harus menjalani masa karantina jika dia bepergian ke Jepang. Sementara tes rider Jepang kami, juga tidak bisa melakukan tes shakedown yang tepat. Butuh banyak waktu untuk mengemas semua materi dan mengirimkannya ke Qatar. Tes shakedown yang sesungguhnya akan terjadi di Qatar untuk ketiga test rider.”

“Tentu saja saya sangat penasaran, untuk melihat apa yang bisa Cal berikan kepada Yamaha dengan pengalamannya. Kami berharap dia memberi kami masukan yang kuat,” harap pria asal Italia itu.

Meski begitu, Meregalli tidak melihat kurangnya latihan sebagai masalah. “Saat saya memikirkan tahun sebelumnya, pembalapi kami tidak mengendarai selama 4 bulan karena kondisi krisis kesehatan. Tapi setelah beberapa sesi kami mendekati rekor lap (di Jerez). Ya, Cal sepertinya harus menyesuaikan gaya mengendarainya dengan Yamaha. Tapi dia juga mengendarai Yamaha. Dan ketika Jorge (Lorenzo) naik motor untuk pertama kalinya di Sepang, dia mengatakan motor itu masih mudah dikendarai seperti beberapa tahun sebelumnya.”

Meregalli menyimpulkan, “Penting bagi Cal untuk terbiasa dengan motornya pada hari pertama tes shakedown. Menurut saya, mulai hari kedua dia akan siap membandingkan suku cadang baru. Dan saya tahu bahwa kami akan membawa banyak materi.”

Leave a Reply