Categories: MotoGP

GP Silverstone Terancam Gagal Digelar

RiderTua.com – GP Silverstone terancam gagal digelar… Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 kembali kena imbas krisis kesehatan yang masih melanda di seluruh dunia. GP Argentina dan Texas resmi ditunda, Buriram-Thailand juga ditiadakan, GP Brno dibatalkan, dan kini giliran Silverstone-Inggris kemungkinannya juga bermasalah.

GP Silverstone Terancam Gagal Digelar

Sejauh ini, perusahaan pemasaran MotoGP asal Spanyol Dorna Sports SL dan asosiasi motor dunia FIM, telah mempresentasikan dua kalender MotoGP untuk tahun 2021. Namun kelihatannya mereka harus segera mendesain ulang versi terbarunya. Mengapa?

Sebelumnya, promotor GP Brno ‘Spolek’ mengkonfirmasi bahwa mereka tidak akan lagi menjadi tuan rumah MotoGP atau Kejuaraan Dunia Superbike di Automotodrom Brno. Dan pada awal Desember lalu, Dorna Sports SL pun mencoret Brno dalam kalender tahun 2021.

Kemudian Buriram-Thailand juga resmi memutuskan untuk meniadakan seri balapan musim ini. Dan kini, ‘bencana’ lebih lanjut mengancam gelaran balapan motor di Inggris. Pada 29 Agustus 2020 lalu, gelaran GP Silverstone masih dipertanyakan. Karena pemerintah Inggris kembali memperketat regulasi perjalanannya akibat krisis kesehatan.

Selain karena faktor diatas, sesuai aturan Brexit, semua tim untuk ajang MotoGP pada Agustus harus memperhitungkan formalitas bea cukai (Carnet) dan kemacetan lalu lintas truk di Dover. Untuk itulah GP Silverstone dan tim sedang dalam pengawasan khusus.

Penyelenggara MotoGP Eropa harus melaporkan kepada Dorna, 60 hari sebelum tanggal berlangsungnya balapan. Apakah mereka dapat menyelenggarakan balapan, sebagaimana yang telah disepakati.

Pada 2018, tim asuhan Stuart Pringle pernah harus membatalkan seri balapan karena genangan air yang terlalu dalam. Dan pada 2020 balapan juga ditunda karena krisis kesehatan, dan akhirnya memiliki waktu hingga akhir Juni.

Namun balapan Formula 1 Inggris dijadwalkan digelar pada 18 Juli. Apakah Silverstone bisa menjadi tempat balapan MotoGP tahun ini? Apakah saat itu peraturan karantina akan dilonggarkan?… Sejauh ini, Stuart Pringle masih yakin dan bersemangat. Tetapi eksekutif Sirkuit Silverstone bergantung pada otoritas kesehatan Inggris.

Menyangkut kemacetan lalu lintas truk di perbatasan luar Uni Eropa, Formula 1 mencoba menemukan solusi koridor eksklusif untuk Silverstone. Seperti yang ditemukan pada November dan Desember di seri balapan Bahrain dan Abu Dhabi. Bagaimana dengan MotoGP?

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jika Jack Miller Didepak KTM Karena Pedro Acosta, Kemana Dia akan Pergi?

RiderTua.com - Tempat Jack Miller di tim Red Bull KTM sedang berada di ujung tanduk. Karena, rookie sensasional Pedro Acosta…

4 Mei 2024

Marc Marquez : Saya Cukup Pintar Menyerah pada Waktu yang Tepat Saat Duel Melawan Pecco di Jerez

RiderTua.com - Marc Marquez meraih podium perdana (finis ke-2) di balapan utama untuk Ducati di GP Jerez. Sebenarnya kemenangan ada dalam…

4 Mei 2024

Dua Mobil Wuling Pimpin Penjualan Mobil Listrik di Q1 2024

RiderTua.com - Wuling sudah tidak bisa diragukan lagi jika berbicara soal penjualan mobil listriknya. Sebab dalam beberapa bulan terakhir, mereka…

4 Mei 2024

Tesla Dipastikan Takkan Terganggu Oleh Kehadiran BYD di Indonesia

RiderTua.com - Tesla mampu menjadi merek mobil listrik terlaris di dunia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Walau mereka hadir di…

4 Mei 2024

Toyota: Mobil Hybrid Masih Unggul Dari Mobil Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Toyota masih memiliki sedikit model BEV yang dijual di Indonesia, dengan bZ4X sebagai model yang dijualnya sejauh ini.…

4 Mei 2024

Aleix Espargaro akan Ambil Keputusan Mengenai Masa Depannya di Mugello?

RiderTua.com - Aleix Espargaro saat ini menjalani musim ke-20 di kejuaraan dunia balap motor. Di dua kelas kecil yang masing-masing…

4 Mei 2024