Categories: MotoGP

Alasan Lain Batalnya GP Brno: 4 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki

RiderTua.com – Alasan lain batalnya GP Brno: 4 tahun tak kunjung diperbaiki… Tidak heran memang, jika jajaran direksi Dorna tidak lagi bisa bersabar dengan mereka yang bertanggung jawab atas MotoGP Brno. Promotor Spolek sebagai sponsor GP Ceko selama 5 tahun terakhir, sepertinya tidak ingin bekerja sama lagi dengan sirkuit Brno. Karel Abraham Sr. bahakn berujar dia “Korban Politik”. Wah wah wah.. apalagi nih.

Alasan Lain Batalnya GP Brno: 4 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki

Selama bertahun-tahun, balap motor MotoGP Republik Ceko di Automotodrom Brno selalu menimbulkan masalah. Promotor tidak menepati janji dan ternyata juga tidak bisa membayar.

Untuk tahun 2021, event tersebut akhirnya dihapus dari kalender oleh Dorna Sports SL. Pada 8 Agustus 2021, ajang MotoGP tidak digelar di Brno melainkan di lokasi cadangan Igora Drive Circuit dekat St. Petersburg di Rusia.

Lintasan sepanjang 4 km ini hanya berjarak 470 km dari KymiRing dekat Kouvala). Dan karena balapan Kejuaraan Dunia di Las Termas dan Texas (11 dan 18 April) diperkirakan akan dibatalkan karena krisis kesehatan, 2 seri balapan direncanakan akan digelar dalam 8 hari di Qatar dan GP Portugis di Portimao pada 25 April.

Perusahaan ‘Spolek pro poradani Grand Prix’ telah menjadi promotor GP Brno selama 5 tahun terakhir. Dan pada 8 Desember lalu, mereka mengumumkan bahwa tidak ada kontrak baru yang ditandatangani untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 di Moravia Selatan itu.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menanggapi hal ini. Dia berujar, “Kami minta renovasi, misalnya ruang ambang pintu diperbesar dan permukaan lintasan diaspal lagi. Namun orang-orang Ceko ini kemudian berkata, bahwa mereka tidak punya cukup waktu. Kami keberatan dan berkata kepada mereka: ‘Anda terus menunda pekerjaan ini selama 4 tahun.’ “

Alasan Lain Batalnya GP Brno: 4 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki

Karel Abraham Sr. : Saya Korban Politik

Politisi yang terlibat dalam perusahaan Spolek (Kementerian Olahraga di Praha, walikota baru Brno Vankova dan gubernur Moravia Selatan) masih memiliki kontrak untuk tahun 2021. Tetapi lintasan tersebut tidak lagi dihomologasi untuk Grade A dalam kondisi saat ini.

Ceko hanya ingin melakukan investasi, jika Dorna sebelumnya telah menyetujui kontrak 5 tahun baru dari 2022 hingga 2026.

Karel Abraham Sr., pemilik lintasan balap GP di Brno, menganggap dirinya sebagai korban politik. Dia mengkritik Walikota baru Brno Vankova dari partai ODS. Abraham yakin bahwa kontrak GP akan diperpanjang di bawah pendahulunya Vokral (ANO).

“Pendukung terkuat balapan sejauh ini adalah Vokral dan mantan gubernur Bohumil Simek dari ANO. Tapi keduanya tidak lagi menjabat,” sesal Carmelo Ezpeleta.

Pasalnya, baru-baru ini Jan Grolich mengambil alih jabatan Gubernur Moravia Selatan dengan koalisi KDU-CSL, meski pemilihannya berhasil dimenangkan oleh ANO.

Selain itu, ada sinyal dari Praha, bahwa subsidi untuk balapan 2021 dibatalkan sepenuhnya atau setidaknya dikurangi secara drastis. Itulah sebabnya dewan direksi Dorna sekarang mengambil keputusan.

Fakta bahwa Karel Abraham menyewa lintasan untuk setiap balapan dengan harga selangit sekitar 1,137 juta euro, tidak membuat situasi menjadi lebih mudah.

Brno adalah tempat balapan rutin, Carmelo Ezpeleta memuji tata letak trek yang menarik. “Tapi kami tidak mampu memainkan balapan seperti itu setiap tahun. Karena kami memiliki banyak negara baru lain, yang mencoba memenangkan balapan,” pungkas bos Dorna itu.

Untuk alasan inilah, biaya event untuk Brno harus dinaikkan ke tingkat yang sebanding dengan negara-negara Eropa lainnya.

This post was last modified on 21 Desember 2020 08:26

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Chery akan Memulai Ekspor Mobilnya Mulai Tahun Ini

RiderTua.com - Chery telah sukses dalam mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus di Indonesia selama lebih dari setahun. Mereka juga…

2 Mei 2024

Franco Morbidelli : Manuver Terlalu Berisiko, Sleding Jack Miller

RiderTua.com - Jack Miller dan Franco Morbidelli bersenggolan lalu sama-sama terjatuh di lap 18 GP Jerez hari Minggu. Dengan penuh…

2 Mei 2024

Davide Tardozzi : Saya Pusing Ketika Ditanya Siapa Rekan Pecco Bagnaia

RiderTua.com - Juara dunia Pecco Bagnaia kembali naik podium teratas pada balapan MotoGP hari Minggu di Jerez. Jelas hal ini…

2 Mei 2024

Yamaha Bakalan Punya Tim Satelit Pada 2025, Kata Siapa?

RiderTua.com - Rumor yang tersebar di paddock GP Spanyol tetap pada nasib beberapa tim satelit. Seperti diketahui, Yamaha sedang berusaha keras…

2 Mei 2024

Aleix Espargaro Pensiun? Saya Tidak Bisa Berkata Apa-apa!

RiderTua.com - Aleix Espargaro bisa saja mengucapkan selamat tinggal pada MotoGP pada akhir musim 2024. Pembalap Spanyol itu bisa menjadi…

2 Mei 2024

Raul Fernandez : Mengendarai Aprilia RS-GP24 ‘Seperti Mencicipi Permen’

RiderTua.com - Raul Fernandez yang membalap untuk tim satelit Trackhouse menjadi satu-satunya pembalap Aprilia yang masih menggunakan mesin 2023. Aprilia…

2 Mei 2024