Crossover SUV Suzuki XL5, Wagon R ‘Versi Sporty’?

0

RiderTua.com – Kabar soal crossover SUV Suzuki XL5 mulai menjadi perbincangan panas pada minggu ini. Karena dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau mobil ini bakal menjadi ‘adiknya’ XL6 (XL7 di Indonesia). Crossover SUV Suzuki XL5 disebut akan menjadi produk baru selanjutnya dari divisi di India, Maruti Suzuki. Walau masih berupa konsep, tapi siapa tahu model ini bakal menjadi saudaranya XL6 atau XL7.

Crossover SUV Suzuki XL5 Menjadi Produk Baru Selanjutnya

Jauh sebelumnya, Suzuki mengumumkan mereka akan menyiapkan produk baru lainnya untuk dirilis di tahun-tahun mendatang. Meski tak menyebut langsung produk mana saja itu, tapi salah satu diantaranya berupa model SUV. Diduga kuat kalau XL5 menjadi satu diantara daftar mobil baru Maruti Suzuki.

Bocoran spyshot yang beredar menampakkan sesosok mobil yang disebut-sebut sebagai XL5. Dari modelnya memang cukup sporty, tapi entah mengapa desain bodinya malah lebih mirip dengan LCGC mungil Karimun Wagon R. Hanya saja berbeda dengan Wagon R, bentuknya tidak mengotak sehingga nampak seperti small SUV sejati.

crossover SUV Suzuki XL5
(Motor Octane)

Model Mungil

Selain itu, agar bisa membedakannya dengan Wagon R, Suzuki mendesain fascia, pelek, sampai lampu depan lebih sporty. Jadi bisa dikatakan kalau XL5 meminjam platform dari LCGC tersebut, tapi dengan berbagai ubahan untuk menyesuaikan jenisnya. Sayangnya interiornya belum terungkap karena belum ada spyshot sama sekali.

Untuk mesin, kemungkinan mesin 1.200 cc bertenaga 81 hp dan torsi 113 Nm akan dipakaikan pada XL5. Tentu itu tenaga yang sudah cukup besar untuk model seukuran small SUV, dan mesin ini lebih besar ketimbang duo Rocky-Raize yang hanya sebesar 1.000 cc. Entah apakah memang digolongkan sebagai small SUV atau CUV, atau bisa saja termasuk ke dalam kedua jenis tersebut.

Rumor yang beredar menyebut XL5 bakal dirilis paling lambat bulan Maret atau April mendatang. Mungkin rasanya terlalu cepat untuk merilis produk baru, mengingat Suzuki masih sibuk mengurusi penjualan model baru lainnya seperti Across. Tapi demi mengisi segmen yang masih belum dimasukinya, mereka tentu tak mau kalah dari kompetitornya dan mengeluarkan model terbaru yang lebih unggul.

Leave a Reply