Pujian Bos LCR Lucio Cecchinello untuk KTM

0

RiderTua.com – Pujian Bos LCR Lucio Cecchinello untuk KTM… Manajer tim LCR Honda, Lucio Cecchinello telah menjadi mitra HRC (Honda Racing Corporation) sejak 2006. Meski demikian, dia senang dengan kesuksesan yang diraih KTM di MotoGP musim 2020. “Itu adalah kejutan besar,” katanya.

Pujian Bos LCR Lucio Cecchinello untuk KTM

Pembalap asal Inggris Cal Crutchlow berhasil membawa tiga kemenangan MotoGP dalam 6 tahun, untuk pemilik tim LCR Honda asal Italia, Lucio Cecchinello. Ini adalah kemenangan pertama di Kejuaraan Dunia MotoGP untuk tim balap LCR, yang memasuki kelas utama bersama Casey Stoner dan Michelin pada tahun 2006. Sebelumnya, pencapaian ini hanya terlibat dalam Kejuaraan Dunia kelas 125 cc dan 250 cc.

Pada musim 2021, LCR akan mengikuti musim MotoGP ke-16 bersama Honda. Pada tahun 2012 hingga 2014 mereka hanya memakai satu pembalap saja yakni Stefan Bradl. Dan mulai tahun 2015, mereka menggunakan dua pembalap yakni Crutchlow dan Jack Miller).

Pada 2016, Crutchlow berhasil meraih kemenangan di Brno dan Phillip Island, dan pada 2018 dia memenangkan GP Argentina di Termas de Rio Honda. Setelah itu, tidak ada kemenangan balapan yang dirayakan selama hampir 3 tahun. Meskipun Takaaki Nakagami hampir melakukannya pada musim gugur 2020.

Lucio Cecchinello mengungkapkan bahwa dia akan tetap setia kepada Honda di kelas MotoGP, meski pabrikan lain juga mengerumuninya. Misalnya Aprilia, Suzuki dan KTM, karena dia adalah salah satu bos tim yang serius. Dan timnya selalu membiayai secara berkelanjutan dan banyak sponsor setia yang mendukung mereka. Sejak 2006, LCR menjadi satu-satunya tim balap yang tampil dengan sponsor ‘One Event’ seperti GIVI, Castrol atau Rizoma.

Di musim mendatang, LCR-Honda akan bersaing dengan duo pembalap yakni Alex Marquez yang pindah dari Repsol ke LCR, dan Takaaki Nakagami (sejauh ini tanpa podium) yang bersaing di musim MotoGP ke-4 nya dengan LCR.

Lucio Cecchinello -Noboru Ueda

KTM Panen Raya di Musim 2020

Meskipun demikian, Cecchinello mengamati perubahan keseimbangan kekuatan (Honda tetap tanpa kemenangan di MotoGP 2020 untuk pertama kalinya sejak diperkenalkannya kelas ini pada tahun 2002). Dia juga mengaku kagum dengan kesuksesan yang diraih KTM tahun lalu (tiga kemenangan, tiga pole position, tempat ke-3 di Kejuaraan Dunia Tim, tempat ke-5 di Kejuaraan Dunia pembalap).

“Ya, itu benar-benar kejutan yang sangat besar. Saya ikut senang untuk kategori ini dan untuk pabrikan asal Austria ini. Telah dikonfirmasi bahwa, pabrikan yang fokus dan ambisius dapat menemukan cara untuk menjadi kompetitif jika dia tidak menghindar dari investasi yang sesuai.”

“Saya sangat senang bagi mereka yang bertanggung jawab di KTM, karena mereka telah melakukan upaya luar biasa dan menginvestasikan banyak uang selama bertahun-tahun. Itu sangat membuatku bahagia. Mereka juga telah mempekerjakan banyak teknisi terkenal dari Honda, Ducati, Aprilia, Suzuki, dan pabrikan lain.”

“Kepala kru saya Beefy Bourguignon, seperti saya, selalu yakin bahwa KTM akan mencapai puncak di MotoGP dalam beberapa tahun. Faktanya, pada tahun 2020 mereka membuat kemajuan besar dibandingkan tahun 2019. Dan saya senang untuk mereka,” pungkas Lucio.

Leave a Reply