Avanza Tetap Rajai Segmennya Meski Kalah Dari Brio

0
Toyota masih menguasai pasar

RiderTua.com – Ternyata Toyota Avanza tetap rajai segmennya pada tahun 2020 meski gelar mobil terlaris se-Indonesia terlepas darinya. Mobil LMPV ini sempat diungguli oleh Honda Brio dalam penjualan terbanyak sepanjang tahun lalu. Avanza tetap rajai segmennya dengan hasil penjualan yang tak terlalu buruk. Meski jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hasilnya menurun drastis.

Avanza Tetap Rajai Segmennya Dengan Hasil Tak Terlalu Buruk

Tahun 2020 sepertinya tak membawa keberuntungan bagi Avanza, karena hasil penjualannya yang menurun drastis dari tahun 2019. Akibatnya LMPV Toyota ini harus merelakan gelar mobil terlarisnya direbut oleh pesaingnya, Honda Brio. Terlebih hasil yang didapatnya masih kalah dari mobil niaga Suzuki Carry.

Walau begitu, nyatanya Avanza masih tetap menguasai segmennya dengan hasil tersebut. Mobil ini terjual sebanyak 35.754 unit, dan mampu meninggalkan jauh dari rival sekelasnya. Bahkan saudaranya sendiri, Xenia, sudah tak bisa mengejarnya lagi, terutama rival utama Avanza, Mitsubishi Xpander.

Avanza tetap rajai segmennya

Xenia Semakin Terpuruk

Untuk Xpander sendiri, mobil ini hanya mampu terjual sebanyak 14.793 unit saja, selisihnya cukup jauh dari Avanza, yaitu sekitar 20 ribu unit. Sepertinya LMPV Mitsubishi ini dibuat tak berkutik oleh Avanza, masih menjadi tulang punggung penjualan merek berlogo tiga berlian tersebut. Nissan Livina yang sempat mendapat pukulan berat dari Avanza malah sanggup bertengger di posisi ketiga dengan hasil 9.082 unit.

Dibawahnya ada kembaran Avanza, yaitu Xenia, yang terjual sebanyak 7.637 unit, jauh dari saudaranya sendiri yang bisa mencapai lebih dari 30 ribu unit. Entah mengapa Xenia tak memberikan performa penjualan sekencang Avanza, dan Daihatsu mengaku kalau kondisi pasar yang menyebabkan penjualannya menurun. Setidaknya hasil yang didapat lebih tinggi dari Suzuki Ertiga yang hanya mencapai 7.516 unit.

Dua mobil LMPV lainnya seperti Honda Mobilio dan Wuling Confero terjual masing-masing sebanyak 5.668 unit dan 3.060 unit. Performa penjualan Mobilio memang tak sekencang Brio, tapi masih mampu menjadi penyumbang penjualan mobil Honda terbanyak ketiga. Untuk Confero masih lumayan, walau tak setinggi SUV Almaz.

Leave a Reply