Mesin 3-Silinder Turbo Yamaha Tengah Dikembangkan?

0

RiderTua.com – Mendengar mesin 3-silinder turbo Yamaha mungkin akan membuat banyak orang terbelalak dibuatnya. Bagaimana tidak, karena mesin ini akan dipasangkan pada motornya, dan tambahan turbo artinya akan ada tenaga lebih. Mesin 3-silinder turbo Yamaha diketahui sudah dipatenkan dan kemungkinan siap diproduksi dalam waktu dekat. Walau belum jelas motor mana yang akan kebagian mesin ini, termasuk kapan bisa dikenalkan ke publik.

Mesin 3-Silinder Turbo Yamaha Sudah Dipatenkan

Kabar mengenai mesin 3-silinder turbo milik Yamaha sudah santer terdengar setelah gambar paten dari mesin tersebut sudah bocor. Gambar tersebut menampakkan mesin yang dipasangkan pada motor yang diduga mirip MT-10. Walau ini baru dugaan saja, karena belum jelas apakah moel tersebut akan mendapat varian mesin tersebut.

Mesin 3-silinder tersebut dipasangkan turbin yang menggantikan posisi radiator. Ini mungkin kedengarannya aneh karena Yamaha sengaja memakai komponen berbeda yang lain dari motor kebanyakan. Mungkin ada maksud tersendiri kenapa mereka memakai turbin ketimbang radiator biasa. Ada yang menduga kalau itu dilakukan demi menghasilkan emisi lebih sedikit.

Mesin 3-silinder turbo Yamaha

Bertenaga Besar

Jika benar, maka mesin ini sanggup mengurangi emisi sebesar 30 persen, sehingga bisa lolos uji emisi Euro yang sangat ketat. Memang Yamaha sedang mencari cara agar produknya tetap dijual di Benua Eropa yang dikenal dengan aturan emisi yang ketat. Tapi tetap saja mereka tak lupa dengan performa mesinnya yang ditingkatkan lebih jauh lagi.

Turbo biasanya dipasangkan pada mesin mobil, tapi bisa juga dipakai oleh sepeda motor. Dengan ini, tenaga dan torsi yang dihasilkan bisa tembus 180 hp dan 170 Nm. Itu angka yang tak sedikit, dan sudah tentu tak sembarangan motor bisa memiliki mesin 3 silinder tersebut. Kemungkinan model sportbike atau naked bike dalam lini produk Yamaha yang akan mendapat mesin ini.

Sejauh ini belum ada informasi seputar kapan mesin 3-silinder turbo tersebut bisa diproduksi. Namanya juga paten, tentu Yamaha hanya mengamankan teknologi yang dirancangnya dan bisa saja diproduksi suatu saat nanti. Kalau jadi dibuat, bisa dibayangkan berapa besar tenaga yang akan dikeluarkannya pada sejumlah model naked bike atau motor sport.

Leave a Reply