Categories: MotoGP

Valentino Rossi Akan Membeli Tim Satelit Ducati?

RiderTua.com – Valentino Rossi dikabarkan akan membeli tim satelit Ducati. Pembalap Italia itu rencanakan pengambilalihan Tim Esponsorama. Meski detailnya belum disepakati, tapi semua menunjukan fakta bahwa, Sky VR46 akan mengambil alih tim MotoGP itu dari Raul Romero (dulu Avintia) selama 5 tahun setelah 2021. Berikut ini analisa tim satelit MotoGP termasuk tim satelit Suzuki..

Valentino Rossi Akan Membeli Tim Satelit Ducati?

Sekarang ada 6 pabrikan di MotoGP, ada 11 tim dengan 22 pembalap telah berkompetisi dalam 2 tahun terakhir, dan komposisi itu tidak akan berubah pada 2021.

Namun kontrak 5 tahun saat ini akan berakhir pada akhir 2021. Dan sebagian besar kontrak baru dengan tim satelit juga sudah ditandatangani. Hanya tim Esponsorama Avintia Ducati saja yang masih belum ada kejelasan tentang kepemilikan, untuk periode setelahnya (2021).

Selama hampir 1,5 tahun, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, Direktur Olahraga Dorna Carlos Ezpeleta, CEO IRTA Mike Trimby dan Presiden IRTA Herve Poncharal telah merundingkan rincian kontrak baru selama 5 tahun untuk tim satelit. Dan kesepakatan itu sekarang telah tercapai.

“Kami telah berusaha keras untuk menawarkan proposal yang sangat menarik ke tim satelit MotoGP untuk 5 tahun ke depan,” kata Herve Poncharal puas.

Kini beberapa dari tim balap ini, masih harus mengklarifikasi dengan siapa mereka akan masuk ke kejuaraan dunia setelah 2021.

Valentino Rossi Akan Membeli Tim Satelit Ducati?

Petronas: Yamaha atau Suzuki?

Razlan Razali (Petronas) menandatangani kontrak 3 tahun dengan Yamaha hingga akhir musim pada 2021. Direktur balap Yamaha Lin Jarvis memastikan bahwa, perpanjangan kontrak akan dibahas pada musim semi 2021. Razali tidak merahasiakan fakta bahwa, dia akan mencari informasi di pasar dan juga berbicara dengan Suzuki.

LCR: Setia dengan Honda

Lucio Cecchinello menjalankan tim balap Honda MotoGP sejak tahun 2006. hanya LCR yang tersisa kuat di Honda. LCR sangat dekat dengan HRC. Kedua pembalap (Alex Marquez dan Takaaki Nakagami pada 2021) terikat kontrak dengan HRC dan dibayar oleh pabrikan Jepang.

“Saya mendapat pertanyaan dari KTM dan Suzuki sebelum menandatangani kontrak baru dengan HRC. Namun saya telah memutuskan akan tetap bersama Honda, selama saya diinginkan sebagai mitra di sana,” ungkap pemilik tim LCR Lucio Cecchinello.

Valentino Rossi Akan Membeli Tim Satelit Ducati?

Pramac: ‘Tim Junior’ Ducati

Tim Paolo Campinoti telah berkompetisi di Kejuaraan Dunia MotoGP dengan Ducati sejak 2004. Dan sejauh ini, mereka belum merayakan kemenangan. Kolaborasi dengan Borgo Panigale semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir, meski Paolo Campinoti, CEO PRAMAC group terus menggoda Suzuki.

Musim lalu, kedua pembalap (Jack Miller, Pecco Bagnaia) pertama kali mengendarai Ducati GP20, sebelumnya pembalap Pramac selalu dengan model tahun sebelumnya. Pramac adalah pusat latihan untuk tim pabrikan. Iannone, Petrucci, Miller dan Bagnaia telah dipromosikan ke tim Ducati dalam beberapa tahun terakhir.

Gresini: Ke Suzuki?

Fausto Gresini bersama Honda hingga akhir 2014, lalu selama 7 tahun dengan Aprilia Racing, kesepakatan ini berakhir setelah musim 2021. Aprilia Racing kemudian akan memiliki dua tempat MotoGP sendiri. Otomatis, Gresini harus mencari pabrikan baru. Dia salah satu favorit untuk menjadi tim satelit Suzuki, tentu Ducati juga jadi pilihan. Aprilia tidak diinginkan karena motornya tidak kompetitif, mereka bahkan tidak ada cukup uang untuk membiayai tim pabrikan.

Honda tidak menginginkan tim satelit kedua, meski Gresini masih berkolaborasi dengan Honda di Moto3. KTM pasti juga tidak akan memasok tim satelit kedua. Tentu bukan karena Gresini pernah membelot ke Honda pada 2015, meski kontrak KTM masih berlaku.

Valentino Rossi Akan Membeli Tim Satelit Ducati?

Tech3: Setia dengan KTM

Pemilik tim Herve Poncharal punya masa depan yang aman. Dia telah menandatangani kontrak 5 tahun baru dengan Dorna. Dan bos KTM Stefan Pierer juga secara lisan menawarinya kontrak dari 2022 hingga 2026.

“Kontrak 5 tahun seperti itu luar biasa bagi saya! Karena saya ingin mengakhiri kehidupan profesional saya dengan KTM,” kata Poncharal yakin.

Esponsorama: Dibeli Rossi

Pemilik tim Raul Romero kesulitan dana sejak Avintia keluar sebagai sponsor utama. Oleh karena itu, usaha patungan dengan Sky Racing Team VR46 dimulai untuk tahun 2021.

Valentino Rossi memindahkan saudaranya Luca Marini ke Esponsorama yang mengaspal menggunakan Ducati GP19 dengan sponsornya Sky. Jadi semuanya menunjukkan bahwa, dia akan mengambil alih kedua tempat dari Romero setelah 2021. Bastianiani? apakah akan digeser oleh murid VR46 yang lain seperti Bezzecchi?.. “Ini akan berhasil 99 persen (Esponsorama dibeli Rossi),” kata orang dalam kepada media Jerman.

This post was last modified on 17 Desember 2020 15:54

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, 14 pembalap yang lolos ke Q2.. Rider Moto3 'Alonso' terlihat…

26 April 2024

Pedro Acosta : Saya akan Mengikuti Dani Pedrosa Sepanjang Trek

RiderTua.com - Menjelang balapan MotoGP kandang pertamanya di Jerez, Pedro Acosta mengatakan, "Senang rasanya berada di sini untuk pertama kalinya sebagai…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez, membuat catatan waktu terbaik pada Latihan Bebas…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, Dalam sesi Latihan Bebas Moto2 Alonso Lopez mampu membuktikan menjadi…

26 April 2024