Ekspor Mobil Suzuki Indonesia Andalkan Ertiga

0
LMPV Ertiga laris manis

RiderTua.com – Ekspor mobil Suzuki Indonesia masih berjalan dengan baik walau ditengah kondisi seperti sekarang. Ketika penjualan di dalam negeri masih belum stabil, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba peruntungan dengan ekspor. Hasilnya ekspor mobil Suzuki Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup bagus. Dari model yang ada, Ertiga dan Carry yang paling banyak dikirim ke luar negeri.

Ekspor Mobil Suzuki Indonesia Menunjukkan Peningkatan

Kinerja ekspor Suzuki selama tahun ini masih cukup bagus, meskipun pabriknya sempat ditutup serta angka penjualan yang menurun. Walau ditimpa berbagai cobaan, tapi angka ekspor mobil Suzuki masih lumayan tinggi dan cukup stabil. Buktinya pada bulan November lalu, SIS sanggup mengirim hingga nyaris 4 ribu unit, tepatnya 3.957 unit.

Dari hasil tersebut, Ertiga mendominasi angka ekspor dengan perolehan 1.414 unit, atau sebesar 35,7 persen dari total yang didapat Suzuki. Lalu ada mobil niaga Carry Pick-Up dengan 1.281 unit terjual, dan menyumbang 32 persen dari jumlah total ekspor. Vietnam menjadi negara tujuan ekspor Suzuki dengan persentase terbesar, yaitu mencapai 25 persen.

ekspor mobil Suzuki Indonesia

Ertiga dan Carry

Memang sudah tak diragukan lagi kalau Ertiga dan Carry menjadi andalan Suzuki dari dulu hingga sekarang. Keduanya, serta mobil lainnya, menjadi andalan dan satu-satunya cara yang dimiliki Suzuki untuk mengembalikan kondisinya yang sempat terpuruk. Terlebih mereka tak sering meluncurkan produk baru setelah banyak pameran otomotif yang dibatalkan atau ditunda.

Selain itu semua, mempertahankan kinerja ekspor mobil SIS tentu bukan dianggap sebagai sesuatu yang enteng. Apalagi dengan meningkatkan permintaan akan mobilnya di negara yang keadaannya sudah hampir pulih menjadi tantangan tersendiri bagi SIS. Tapi semua itu bisa dilakukan dengan mulus, bahkan tanpa ada masalah sedikitpun.

Ertiga dan Carry boleh menjadi andalan SIS, meski sebenarnya masih ada satu lagi yang juga diandalkan, yaitu XL7. Mobil low SUV ini masih menjadi primadona di Indonesia maupun negara lainnya, dan menjadi pilihan alternatif kalau tak ada XL6. Dengan begitu, ada tiga produk Suzuki yang diandalkan pada ekspor.

Leave a Reply