Categories: MotoGP

Karel Abraham: Anak Ditendang Ayah Meradang, GP Ceko Hengkang!

RiderTua.com – Karel Abraham: anak ditendang ayah meradang. Rumornya karena tim Avintia ‘menendang’ anaknya. Sang ayah tidak lagi tertarik dengan olahraga balap, akibatnya GP Ceko hengkang dari kalender MotoGP.. Ternyata banyak latar belakang pembatalan GP Brno… Selama bertahun-tahun, penyelenggaraan MotoGP Ceko diwarnai dengan amatirisme (kegiatan yang dilakukan semata-mata untuk kesenangan). Tak heran jika CEO Dorna Carmelo Ezpeleta kini telah habis kesabarannya. Balap motor MotoGP Republik Ceko di Brno kini menjadi masa lalu. Dan siapa pun tidak bisa menyalahkan Dorna atas pembatalan terakhir ajang balap di Ceko ini.

Karel Abraham: Anak Ditendang Ayah Meradang

Pasalnya, promotor Kejuaraan Dunia asal Spanyol itu, telah memberikan paket finansial ekstra kepada Ceko, selama bertahun-tahun (seperti penyelenggara GP Sachsenring setelah 1998).

Tapi karena semakin banyak arena balapan baru bermunculan, sedangkan supervisor mereka di seluruh dunia memohon kontrak MotoGP. Tidak pernah ada kontrak keamanan di Republik Ceko. Tak hanya itu, infrastruktur di Automotodrom Brno memburuk dari tahun ke tahun. Pemilik sirkuit Karel Abraham Sr. terus mengklaim bahwa, dia tidak dapat memperoleh keuntungan bahkan dengan 150.000 atau 200.000 penonton di balapan akhir pekan.

Karel Abraham: Anak Ditendang Ayah Meradang, GP Ceko Hengkang

Brno Disewakan ke Spolex

Jadi sekitar 6 tahun yang lalu, sebuah perusahaan yang baru didirikan bernama ‘Spolek pro poradani Grand Prix’ mengambil alih organisasi balapan dan risiko finansial. Mitra perusahaan ini adalah pemerintah kota Brno (wilayah Moravia Selatan) dan pemerintah provinsi di Praha.

Setiap tahun ada perselisihan di antara para pemegang saham. Karena perubahan politisi yang terlibat, milik pihak yang berbeda. Negosiasi dengan Dorna pun berjalan sendiri, biaya balapan tidak pernah dibayarkan tepat waktu, dan setiap tahun ketidakpastian tentang masa depan balapan meningkat.

Karel Abraham menyewakan trek balap ke Spolek selama sepekan, dengan harga selangit yakni mencapai 1,1 hingga 1,3 juta euro per event. Hampir tidak ada yang diinvestasikan dalam infrastruktur. Baru-baru ini, Abraham bahkan menginginkan pengerasan aspal baru (seharga 1,1 juta euro) yang dibiayai oleh sektor publik.

Jadi pihak Spolek menarik diri, kontrak selama 5 tahun tidak diperpanjang. Tidak akan ada GP Brno pada tahun 2021, meskipun treknya sangat menarik.. Pada 2016, mereka mendapat pesaing baru yang menarik di Spielberg. Dan sejak 2010, balapan di trek balap modern yang terbaru telah ditambahkan ke kalender, yakni di Aragon, Las Termas, Texas, Buriram, KymiRing dan Portimao. Sirkuit lainnya seperti Mandalika (Indonesia), Igora Drive (St. Petersburg), Sirkuit Sokol (Kazakhstan), Rio dan yang lain masuk dalam daftar tunggu.

Karel Abraham: Anak Ditendang Ayah Meradang, GP Ceko Hengkang

Tidak Tertarik Balapan Lagi

Dan parahnya, operator trek Karel Abraham tidak pernah memasarkan acaranya secara profesional. Dalam sebuah wawancara di televisi lokal Ceko, (TV Nova) dia malah menampilkan dirinya sebagai korban. Sebagai korban politik, dan sebagai korban media. Dia mengkritik walikota Brno baru Vankova dari partai ODS. Menurut Abraham, kontrak balap akan diperpanjang di bawah pendahulunya Vokral (ANO).

Di sisi lain, menurut pengamat, hal ini karena Karel Abraham Jr. (putranya) dikeluarkan dari tim Avintia setahun yang lalu. Karena dia tidak berhasil dan digantikan oleh Zarco (kualifikasi waktu terbaik di Brno dan juara ke-3 di balapan 2020). Itulah alasan kenapa sang ayah tidak lagi tertarik dengan olahraga balap, dan GP Brno khususnya. Menurutnya hal itu tidak lagi menarik, dan tidak perlu lagi mengiklankan sang junior secara nasional.

This post was last modified on 12 Desember 2020 10:58

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024

Warna Baru Yamaha Aerox 155, Tampilan Makin Elegan

RiderTua.com - Hong Leong Yamaha Motor, distributor sepeda motor di Malaysia luncurkan skutik sporty NVX 155 atau Aerox 155 dapat…

2 Mei 2024

DFSK Seres Ingin Kuasai 30 Persen Pasar BEV di Indonesia!

RiderTua.com - Seres menjadi salah satu merek mobil listrik yang hadir di Indonesia. Merek dari DFSK tersebut sejauh ini baru…

2 Mei 2024