Categories: MotoGP

Tak Seperti Honda, KTM Motor yang Ramah Pembalap

RiderTua.com – Tak seperti Honda RC213V, KTM RC16 motor yang ramah bagi pembalap pemula. Padahal kedua motor ini mirip baik nama maupun konfigurasi mesinnya.. Red Bull-KTM melampaui semua ekspektasi di musim MotoGP 2020. “Kami telah meningkat dari tahun ke tahun,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer. Tiga kali berada di posisi terdepan, tiga kali kemenangan masing-masing oleh Brad Binder dan Miguel Oliveira (2 kali), 5 kali finis di tempat ketiga oleh Pol Espargaro, peringkat ke-5 di Kejuaraan Pembalap dan juga Penghargaan Rookie of the Year oleh Brad Binder dan terakhir di tempat ke-4 di ketegori konstruktor. Itulah hasil positif yang sukses diraih Red Bull-KTM di MotoGP musim 2020.

Tak Seperti Honda, KTM Motor yang Ramah Pembalap

Meski terjadi krisis kesehatan seperti saat ini, KTM banyak melakukan tes tahun ini dan berhasil mencapai terobosan. Dan bukan hanya kesuksesan yang mengejutkan, tetapi juga fakta bahwa rookie seperti Brad Binder dan Iker Lecuona (tiga kali masuk 10 besar) sekarang nyaman dengan KTM RC16.

“Kami tidak cukup bagus di bidang ini (balap MotoGP) di masa lalu, jadi kami mengambil langkah besar pada tahun 2020,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer.

“Sekarang bukan hanya seorang petarung seperti Pol, yang bekerja dengan sangat berani dan teguh, dapat mengendarai motor kami dengan cepat. Tetapi juga seorang pemula yang baru di kelas MotoGP. Ini memungkinkan Brad Binder dan Iker Lecuona menyetel sorotan yang tidak diharapkan orang. Motor kami telah meningkat secara keseluruhan.”

Tak Seperti Honda, KTM Motor yang Ramah Pembalap

“Kami telah meningkat dari tahun ke tahun. Setiap tahun motor baru datang, simpanannya semakin kecil. Anda bisa tahu bahwa ada sesuatu yang terjadi, tapi ada kemunduran,” kata Beirer, menengok kembali 4 tahun pertama mereka terjun di kelas MotoGP. “Petualangan MotoGP sejauh ini menjadi rollercoaster bagi kami, tetapi dengan hasil yang sangat bagus.”

Tak Lagi Menjadi Tim Konsesi

Untuk tahun 2021, hak ‘konsesi’ tidak lagi berlaku karena banyaknya podium diperoleh. Untuk pertama kalinya, KTM akan memiliki mesin sebanyak Honda, Yamaha, Suzuki dan Ducati. Pada tahun 2020, KTM diizinkan untuk menggunakan 7 mesin, sekarang menjadi lima per pembalap.

Kedepannya, KTM tidak akan lagi diizinkan untuk melakukan tes dengan pembalap biasa sesuka hati. Dan pengembangan mesin akan tetap dibekukan hingga akhir 2021. Aprilia (sejauh ini belum naik podium) dapat membawa ‘pembaruan mesin’ lagi dari awal musim 2021.

Pada tahun 2019, tim resmi KTM Red Bull dalam formasi Pol Espargaro dan Johann Zarco, hanya berhasil menempati posisi ke-8 dalam kejuaraan tim. Dengan 132 poin dalam 19 balapan. Repsol-Honda mengumpulkan 352 poin lebih banyak. Namun pada tahun 2020, Red Bull KTM hanya kehilangan 88 poin dari tim pemenang Suzuki Ecstar di tempat ketiga.

Honda sebenarnya mampu membuat motor yang mudah, namun atas permintaan Marquez yang ingin power lebih dan lebih, akhirnya RC213V menjadi motor yang super liar..

This post was last modified on 3 Desember 2020 11:19

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, 14 pembalap yang lolos ke Q2.. Rider Moto3 'Alonso' terlihat…

26 April 2024