Mazda Mau Rebadge Yaris, Model Anyar Mazda2?

RiderTua.com – Kabar Mazda mau rebadge Toyota Yaris mulai menjadi pembicaraan bagi banyak orang. Karena sepertinya kerja sama antara kedua produsen mobil ini masih terus berjalan sampai sekarang. Mazda mau rebadge Yaris diduga untuk pengembangan All New Mazda2 seperti yang diprediksi sebelumnya. Kalau benar, maka Yaris bakal punya kembaran dari Mazda.

Mazda Mau Rebadge Yaris Diduga Untuk All New Mazda2

Tentu kerja sama antara Mazda dan Toyota bukanlah sesuatu yang baru, karena keduanya sudah melakukan itu sejak lama. Terlebih soal kembaran Yaris dari Mazda, yang sempat dijual di Amerika Utara beberapa tahun lalu. Hanya saja Toyota yang melakukan rebadge Mazda2 menjadi Yaris, dan hanya dijual di kawasan tersebut.

Namun entah mengapa keberadaannya hilang begitu saja sejak All New Yaris diluncurkan. Mazda yang menyadari mereka sudah mulai tertinggal dari Toyota berusaha untuk mengejar dengan Mazda2. Namun tak seperti sebelumnya, kali ini merekalah yang akan meminjam platform dari Yaris model XP210 tersebut.

Mazda mau rebadge Yaris

Model Sama, Fitur Beda

Dengan saling berbagi platform mobil maka akan memangkas biaya pengembangan yang harus dikeluarkan oleh Mazda. Hanya saja yang menjadi pembeda yaitu All New Mazda2 akan berjenis sub-compact hatchback dan dijual di Benua Eropa. Berbeda dengan Yaris yang difokuskan di Jepang dan Amerika Serikat, tapi sepertinya itu mungkin dilakukan agar keduanya tak saling melawan satu sama lain.

Tapi ada satu hal yang paling penting dari All New Mazda2 ini, yaitu penggunaan mesin hibrida. Perlu diketahui kalau Yaris model sekarang sudah menyediakan pilihan mesin tersebut, dan Mazda bisa saja meminjamnya atau memakai mesinnya sendiri. Tetap saja Mazda mempertahankan pendekatan multi-fungsi, dalam arti lain memberikan perpaduan tenaga serta fitur yang sesuai di pasar tujuan.

Eropa sendiri sudah mulai didominasi oleh mobil hybrid, jadi kemungkinan kuat akan ada Mazda2 versi hibrida nantinya. Jika benar, maka keduanya bisa kembali menjadi mobil kembar seperti dulu lagi. Seakan keduanya siap menghadang Honda Jazz yang juga sudah memasuki generasi terbarunya.

Be the first to comment

Leave a Reply