Mesin Baru Untuk Mazda3, Performa Lebih Baik?

0
Mazdaspeed yang kini terlupakan

RiderTua.com – Membahas mesin baru untuk Mazda3 sepertinya memang sudah saatnya untuk diberikan. Padahal kalau dilihat mobil hatchback ini sudah punya berbagai macam mesin yang bisa dipilih konsumen. Mesin baru untuk Mazda3 disebut bakal memiliki performa lebih dari mesin yang disediakan saat ini. Walau sekedar minor update, tapi ubahan ini bakal membuat Mazda3 melaju lebih kencang di jalanan.

Mesin Baru Untuk Mazda3 Memiliki Performa Lebih

Baru-baru ini Mazda meluncurkan minor update untuk mobil andalannya, Mazda3. Karena namanya minor update, jadi jangan berharap akan ada banyak ubahan yang diberikan pada mobil kompak ini. Karena Mazda lebih memfokuskan pada peningkatan performa mesin pada penyegaran kecil kali ini.

Mazda3 kini menggunakan mesin baru SkyActiv-X 2.000 cc 4 silinder yang disebut lebih bertenaga sekaligus hemat bahan bakar. Itu karena Mazda memberikan kombinasi spark & compression ignition, sehingga efisiensi konsumsi bensin menjadi lebih hemat. Sehingga pengguna tak perlu khawatir soal konsumsi bahan bakar ketika melakukan perjalanan jauh.

Mesin baru untuk Mazda3

Tanpa ‘Turbo’

Untuk menggenjot performanya, Mazda menambahkan SPCCI (spark plug controlled combustion ignition), sehingga tenaganya bertambah 9 hp. Lalu supercharger pada mesinnya sudah dibuat lebih responsif dari sebelumnya, dan dengan ini kemampuan akselerasinya lebih maksimal. Nampaknya itu sudah cukup untuk membuat Mazda3 varian ini untuk melaju lebih kencang, bahkan tanpa turbo sekalipun.

Bicara soal turbo, varian Mazda3 lainnya, yaitu mesin SkyActiv-D 1.800 cc turbodiesel ikut mendapat penyegaran. Mesinnya kini juga dapat memberikan respon gas dan torque band lebih baik dari sebelumnya. Tak sampai disitu saja, sedikit ubahan pada mesin ini mampu membuat Mazda3 Diesel ini mendapat tambahan tenaga sebesar 13 hp.

Tak hanya fokus pada performanya saja, Mazda3 mendapat tambahan fitur seperti cruising & traffic support level 2, yaitu berupa mode berkendara semi otonom. Mazda juga tengah menyiapkan varian baru lainnya untuk Mazda3, berupa edisi spesial dan terbatas. Namanya? Mazda3 100th Anniversary Special Commemorative Car 2020 World Car Design of the Year (WCDOTY) Award Commemorative Model.

Leave a Reply