Segmen Sedan Tetap Bertahan Ditengah Kondisi Sekarang

Penjualan sedan dan hatchback

RiderTua.com – Banyak yang tak menyangka kalau segmen mobil sedan tetap bertahan dalam kondisi pasar yang menurun. Terlebih persaingan dengan jenis mobil lain juga menyebabkan segmen ini menurun popularitasnya. Segmen sedan tetap bertahan di Indonesia, dengan hasil penjualan yang lumayan sedikit. Namun tetap saja ada model terlaris di kelas ini.

Segmen Sedan Tetap Bertahan Dengan Hasil Penjualan Sedikit

Selama beberapa tahun terakhir, popularitas mobil sedan terus menurun seiring bertambahnya berbagai jenis mobil. Mobil jenis SUV perlahan-lahan mulai menguasai pasar roda empat global, dan mulai menyingkirkan keberadaan sedan. Apalagi dengan jenis lainnya seperti crossover sampai pikap double cabin juga ikut populer.

Meski sudah tersingkir sebagai mobil favorit konsumen di seluruh dunia, nyatanya sedan masih tetap dicari oleh sebagian konsumen. Di Indonesia misalnya, dimana masih tercatat penjualan mobil jenis ini, walau hasilnya cukup sedikit ketimbang mobil jenis lainnya. Bahkan raihan hasil penjualan pada bulan Oktober lalu menunjukkan hasil positif.

Segmen Sedan tetap bertahan

Corolla Altis Berjaya

Sedan andalan Toyota di Indonesia, Corolla Altis, menjadi sedan terlaris pada bulan Oktober lalu, dengan 99 unit terjual. Memang tak banyak yang didapat mengingat segmennya serta keadaan pasar yang menurun selama ini membuatnya kesulitan untuk berjualan. Tapi setidaknya Corolla Altis masih lebih baik dari model sekelasnya.

Dibawah Corolla Altis ada Vios yang terjual sebanyak 43 unit, naik drastis dari bulan September 2020 yang hanya mencapai 8 unit saja. Tak seperti nasibnya, Honda Civic malah mengalami penurunan penjualan yang signifikan hingga 20 persen, menjadi 31 unit terjual. Lalu saudaranya, City, lebih sedikit lagi dengan raihan 17 unit.

Keempat mobil ini masih beruntung jika dibandingkan dengan Mazda3 yang tak terjual sama sekali pada bulan lalu. Sepertinya persaingan yang ketat di kelasnya membuat model ini hampir tak bisa berbuat apapun. Terlepas dari itu, sepertinya segmen sedan masih tetap bertahan dan mampu mencatatkan hasil yang bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply