Ingat, Corolla Cross Bukan Sedan yang Disulap Jadi SUV !

RiderTua.com – Berbicara soal mobil crossover zaman now, kebanyakan berupa model yang dibuat dari model jenis berbeda. Seperti Xpander Cross yang aslinya adalah MPV Xpander dengan tambahan spek ala SUV. Namun beda dengan Corolla Cross, yang disebut bukan ‘sedan versi SUV’. Melainkan benar-benar model baru yang dibuat dari platform serupa.

Baca juga: Mobil Crossover Makin Banyak, Lagi Ngetren ?

Corolla Cross Bukan Sedan Versi SUV

Nama Corolla tentu sudah tak asing lagi di Indonesia maupun di negara lain. Corolla terdiri dari berbagai jenis mobil, tak sebatas sedan saja. Tetapi juga hatchback, station wagon, sampai MPV juga ada, walau jenis sedannya yang membuat namanya terkenal di seluruh dunia.

Corolla Cross menjadi tambahan jajaran jenis pada Corolla series di Toyota. Karena itulah, crossover ini masih mengandalkan platform TNGA-C dari model sedan E210. Namun bukan berarti Corolla Cross bisa dikatakan sebagai sedan berwujud SUV.

Beda Jenis

Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan kalau Corolla Cross dari awal sudah dirancang sebagai crossover, bukan sedan disulap jadi CUV (crossover-SUV). Persamaannya dengan Corolla versi sedan yaitu hanya terletak pada platform yang dipakainya. Sementara sebagian besar fiturnya benar-benar baru.

Lalu kalau bukan dari ‘basis’ Corolla Altis, kenapa harus memakai nama Corolla? Jelas karena nama ini punya reputasi yang cukup kuat di dunia otomotif. Dan Toyota ingin memperkuat brand tersebut dengan cara meluncurkan model terbaru dari jenis yang tengah ngetren.

Mungkin ini juga berlaku pada Yaris Cross, yang hanya membawa nama besar Yaris. Tapi tetap saja, baik Corolla Cross maupun Yaris Cross menjadi dua CUV yang cukup menjanjikan dari Toyota.

Be the first to comment

Leave a Reply