Mobil Listrik Murah Meriah, Mungkinkah Terjadi di Indonesia?

Hyundai tak jajal segmen MPV

RiderTua.com – Soal mobil listrik murah meriah mungkin masih menjadi sesuatu yang tak mungkin terjadi di Indonesia. Tentu saja karena tanpa adanya insentif, harga jualnya menjadi lebih mahal dari kendaraan konvensional. Mobil listrik murah meriah sudah diusahakan oleh tiap produsen otomotif. Disebutnya strategi ini bakal membuat penjualannya makin laris.

Mobil Listrik Murah Meriah Diusahakan Oleh Produsen

Belum banyak produsen otomotif di Tanah Air yang berani menjual mobil listrik, dan kebanyakan didatangkan dalam jumlah terbatas dan sedikit. Tentu saja karena masih belum disahkannya insentif khusus kendaraan listrik serta fasilitas pendukungnya sangat minim. Sehingga penggunaannya hanya terbatas sebagai armada taksi.

Walau begitu, perlahan tapi pasti sudah ada yang berani menjual mobil listrik di Indonesia. Seperti Hyundai yang menghadirkan Ioniq dan Kona EV, yang sebelumnya sempat dijadikan sebagai armada taksi (khusus Ioniq). Meskipun harga yang ditawarkan masih cukup mahal, tapi setidaknya tak sampai tembus Rp 1 miliar, tepatnya dibawah Rp 700 jutaan.

Mobil listrik murah meriah

Harga Lebih Murah

Meski sudah lebih terjangkau, tapi rasanya itu masih belum cukup untuk membuat mobil listrik bisa laris manis terjual. Gaikindo mengatakan mobil listrik bisa terjual lebih laris lagi asalkan harga jualnya disesuaikan dengan tren yang ada. Seperti jenis MPV atau SUV, sampai harganya yang sangat terjangkau, bahkan dibawah Rp 300 jutaan.

Mungkin kedengarannya itu akan menjadi sesuatu yang sulit untuk diwujudkan, mengingat belum adanya insentif yang berlaku saat ini. Selain itu, semua mobil EV yang dijual di Indonesia masih didatangkan langsung dari luar negeri, dan itu saja sudah dipatok pajak impor. Kecuali jika mobilnya dirakit secara lokal, atau paling tidak baterainya juga diproduksi disini, maka itu bisa menekan harganya.

Yang paling penting dari itu tentu saja dukungan dari pemerintah dalam era kendaraan listrik. Tapi perlahan tapi pasti produsen sudah mendapat dukungan pemerintah dalam mengembangkan era EV di Indonesia lebih jauh lagi. Semoga saja semua ini takkan memperlambat perkembangannya di Tanah Air, mengingat Indonesia sudah tertinggal dari negara lain soal mobil listrik.

Be the first to comment

Leave a Reply