Subaru BRZ Tanpa Turbo, Mesin Sudah Cukup Bertenaga?

Subaru BRZ generasi kedua

RiderTua.com – Banyak yang heran kenapa All New Subaru BRZ hadir tanpa turbo seperti mobil sport kebanyakan. Padahal biasanya turbo dipakai untuk menggenjot tenaga yang dihasilkannya, sehingga mampu melaju kencang. Subaru BRZ tanpa turbo memang sengaja dihadirkan oleh Subaru sendiri karena suatu alasan. Yaitu mesin terbarunya dirasa lebih dari cukup untuk memberikan tenaga besar.

Subaru BRZ Tanpa Turbo Sengaja Dihadirkan

Sebelumnya banyak yang berharap Subaru bisa menawarkan sesuatu yang baru pada All New BRZ. Salah satunya mesin turbo yang selama ini menjadi mesin favorit pada mobil sport, atau mobil lebih bertenaganya lagi seperti supercar atau hypercar. Sayangnya semua itu tak sesuai realita: BRZ generasi terbaru hadir tanpa ada turbo.

Tentu ini membuat banyak orang kecewa karena Subaru tak bisa menawarkan mesin turbo lagi. Ironisnya lagi, produsen mobil asal Jepang ini juga punya sejumlah mobil bermesin turbo yang cukup terkenal, seperti Ascent, Forester, dan WRX. Menanggapi kekecewaan pecinta BRZ, Subaru menjelaskan bahwa mesin baru All New BRZ sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan tenaga besar.

Subaru BRZ Tanpa Turbo

Demi Performa

Mesin boxer 2.400 cc All New BRZ mampu menghasilkan tenaga yang lumayan besar, meski Ascent yang memakai mesin sejenis tapi memakai turbo. Namun Subaru sengaja tak memasangkannya karena dianggap sebagai beban bagi All New BRZ. Dalam arti lain, bobot mobil bakal bertambah berat jika dipasangkan turbo.

Tentu ini menjadi sesuatu yang tak diinginkan oleh Subaru, karena mereka menginginkan sportcar berbobot ringan. Bobot punya pengaruh besar pada performa mobil, dan jika semakin berat maka performanya tak bisa maksimal. Terlebih kalau ditambah turbo, maka harganya semakin mahal, padahal tujuan Subaru membuat BRZ yaitu menyediakan produk dengan harga terjangkau.

Meski tanpa turbo, tenaga yang dihasilkan All New BRZ sudah lebih besar dari model lamanya. Itupun sudah membuat Subaru puas dengan ubahan yang diberikan pada sportcar andalannya tersebut. Kembarannya, Toyota 86, bakal mendapat perlakuan yang sama seperti BRZ, meski baru bisa dijual mulai tahun depan.

Be the first to comment

Leave a Reply