Honda Ditantang Kia Sonet: Tenang Saja!

Kia Sonet siap dirilis

RiderTua.com – Sepertinya Honda sudah mulai ditantang oleh Kia Sonet yang baru meluncur di Indonesia. Mobil CUV mungil ini hadir dengan menawarkan fitur melimpah dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga model tersebut menjadi sorotan. Honda ditantang Kia Sonet di segmen low SUV, dimana ada dua model Honda disana, yaitu BR-V dan HR-V. Jadi bagaimana merek otomotif ini menanggapi kehadiran Sonet?

Honda Ditantang Kia Sonet di Segmen Low SUV

Sebenarnya Sonet akan ditempatkan di segmen small SUV seperti di India, tapi nyatanya Kia harus menempatkannya di segmen LSUV. Alasannya jelas, karena segmen aslinya belum terbentuk di Tanah Air, sehingga untuk sementara ditempatkan di segmen ‘sebelah’. Akibatnya Sonet harus berhadapan dengan model yang sudah lama menghuni disitu, salah satunya Honda BR-V.

Meski demikian, Kia sepertinya cukup pede untuk melawan kompetitornya di segmen low SUV, karena Sonet punya banyak kelebihan. Seperti fitur yang mumpuni, bahkan cukup lengkap untuk sebuah model LSUV. Semua itu bisa ditebus dengan harga terjangkau, dari Rp 193 jutaan sampai Rp 289 jutaan. Tentu ini dipastikan akan membuat takut rivalnya, karena Sonet memiliki banyak keunggulan.

Honda ditantang Kia Sonet

Punya Segmentasinya Sendiri

Mengomentari itu, Honda Prospect Motor (HPM) seakan tak terlalu khawatir akan kehadiran Sonet di Tanah Air. Malah mereka melihat ini akan membuat segmen low SUV semakin ramai dari sebelumnya yang hanya diisi oleh model ‘itu-itu’ saja. Terlebih konsumen bisa memiliki banyak pilihan dalam membeli mobil.

Soal banderol Sonet yang lebih terjangkau dari BR-V maupun HR-V, HPM menganggap kalau Sonet punya segmentasi pasarnya sendiri. Dalam arti lain, mobil Kia ini memiliki target konsumen yang berbeda dari BR-V. HPM masih yakin kalau ada konsumen yang masih mencari mobil dengan aftersales yang bagus.

Entah benar atau tidak, yang jelas kehadiran Sonet di Indonesia sudah menambah kemeriahan di segmen low SUV. Bisa saja suatu saat nanti kalau duo Rocky-Raize hadir di Tanah Air, maka Sonet punya rival yang setara dengannya. Meskipun begitu, model ini masih akan tetap mempertahankan keunggulannya.

Be the first to comment

Leave a Reply