Snow Mode di Peugeot 3008, Apa Gunanya di Indonesia?

Peugeot 3008 Allure

RiderTua.com – Mungkin agak aneh jika menemukan snow mode di Peugeot 3008 maupun 5008. Tentu aneh karena fitur semacam ini tak sesuai dengan cuaca di Indonesia, dimana jarang ada hujan salju di negeri tropis. Snow mode di Peugeot 3008 memang sengaja tetap disediakan meski dijual di Tanah Air. Jadi sebenarnya ada kegunaan dari mode berkendara ini?

Snow Mode di Peugeot 3008 Sengaja Tetap Disediakan

Seperti yang diketahui sebelumnya, 3008 dan 5008 menyediakan fitur canggih advanced grip control. Fitur ini memiliki lima mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan keadaan jalan, seperti snow, sand, mud, ESP OFF, dan normal. Dari sekian mode tersebut, snow mode yang paling banyak dipertanyakan oleh konsumen Tanah Air.

Tentu saja karena snow mode ini hanya digunakan ketika jalanan tertutup oleh salju, tapi di Indonesia tak pernah turun salju. Sehingga banyak orang menganggap kalau fitur ini tak ada gunanya disini. Namun Peugeot mengaanggap snow mode masih punya kegunaan yang cukup bagus walau tak ada salju. Jadi dipakai untuk apa?

Snow mode di Peugeot
Peugeot 5008 Allure

Masih Berguna

Walau tak ada salju, snow mode masih cukup berguna ketika jalanan basah dan licin karena hujan, termasuk andal saat melewati jalanan curam. Caranya yaitu ketika mode ini diaktifkan, putaran rodanya bisa berakselerasi lebih maksimal dengan traksi yang ada. Agak mirip dengan mode hujan, hanya saja mode ini sebenarnya dikhususkan untuk jalan bersalju.

Mode lainnya seperti mud (lumpur) dan sand (pasir) masih ada gunanya di Indonesia, terlebih dalam keadaan jalanan off-road. Sepertinya semua mode berkendara tersebut masih ada gunanya, hanya saja penggunanya sendiri yang tak tahu cara memakainya. Untung Peugeot bisa memberitahukan kegunaan lain dari snow mode jika tak ada salju sekalipun.

Baik 3008 maupun 5008 memang didatangkan langsung dari luar negeri, jadi tak heran kalau fitur snow mode masih tetap ada. Apapun fiturnya, penggunaan tiap mode memang harus disesuaikan dengan keadaan jalan yang akan dilewati. Sehingga performanya bisa lebih optimal.

Be the first to comment

Leave a Reply