KTM Kehilangan Hak Istimewa, Siapa Takut!

RiderTua.com – KTM kehilangan hak istimewa, tantangan tambahan bagi mereka… Karena sudah mampu naik podium di musim MotoGP saat ini, untuk tahun 2021 KTM akan kehilangan keistimewaan sebagai ‘tim konsesi’. Pembalapnya, Pol Espargaro pun juga pindah ke Honda. Dan inilah penilaian Direktur Teknis KTM, Sebastian Risse.

KTM Kehilangan Hak Istimewa, Tantangan Tambahan Bagi Mereka

“Setiap pembalap berhasil melebihi ekspektasi. Mereka saling memacu dan itu juga berkontribusi pada performa,” kata Sebastian Risse, Direktur Teknik di KTM, tentang persaingan kuat di musim MotoGP dari pabrikan asal Austria itu. Dua kemenangan (Brad Binder di Brno dan Miguel Oliveira di Spielberg), serta tiga kemenangan lainnya tempat podium dan satu Pol Espargaro sudah di posisi terdepan.

Risse tidak terlalu peduli dengan fakta bahwa, keberhasilan ini berarti bahwa konsesi untuk pendatang baru akan hilang mulai tahun 2021. “Kami sekarang berada dalam posisi yang menarik, karena kami telah kehilangan konsesi kami. Itu adalah tantangan tambahan yang akan kami hadapi di tahun depan.”

“Itu juga berarti bahwa kami sekarang, mendorong lebih banyak di musim dingin. Tidak hanya peraturan yang berubah dari segi teknis, tetapi juga pendekatannya. Penting untuk bekerja sama dengan tim penguji, pabrikan, dan tim balap untuk mendapatkan motor terbaik di lintasan.”

Sebagai pengingat: ‘Tim konsesi’ menikmati berbagai keuntungan, mereka memiliki dua mesin lagi per pembalap, pembalap reguler juga dapat menguji tanpa batasan dan (selain musim 2020) ada 5 dari 3 tugas pembalap wildcard per musim diizinkan.

KTM akan segera kehilangan satu konsesi. Empat pembalap reguler tidak lagi diizinkan untuk mengambil bagian dalam uji coba pribadi.

Sasis Hibrid Dani Bikin Motor KTM Ngibrit
Sebastian Risse

Semua Pembalap Berkembang Baik

Selain kehilangan konsesi, Red Bull KTM juga harus melepaskan Pol Espargaro setelah musim 2020. Yang telah memantapkan dirinya sebagai ujung tombak proyek MotoGP Austria hanya dalam waktu kurang dari 4 tahun.

Dua rookie dalam skuad yakni Brad Binder dan Iker Lecuona, juga tidak akan dapat mengikuti pengalaman MotoGP di semua trek pada tahun 2021. Karena balapan terkait krisis kesehatan telah dihapus dari kalender tahun ini.

“Tentu saja ini tantangan, itu jelas. Tapi kami juga mendapatkan Danilo [Petrucci], yang memiliki banyak pengalaman. Meski tidak dengan motor kami,” tambah Risse..

“Ini adalah situasi yang harus kami hadapi. Semua pembalap kami berkembang dengan baik. Memang benar bahwa di beberapa trek mereka tidak dapat memperoleh pengalaman karena kami tidak balapan di sana. Tetapi kami tidak dapat mengubahnya. Kami pasti akan memanfaatkannya semaksimal mungkin.”

“Secara keseluruhan, saya pikir mereka memiliki banyak pengalaman dengan set-up dan hal-hal yang Anda lakukan di balapan akhir pekan biasa. Ini juga bukan tahun pertamanya di kejuaraan balap motor dunia. Kami sekarang memiliki rider yang lebih berpengalaman dari yang lain. Tapi kami memiliki banyak pembalap yang baik dan kami akan membagi pekerjaannya.”

Dani Pedrosa Dipercaya untuk Pekerjaan Pengembangan KTM

Menanggapi hal ini, Risse memuji Pedrosa. Dia berkata, “Dani adalah pembalap yang sangat komplit, dia bisa membantu kami di setiap area. Tentu saja, dia selalu fokus di mana menurutnya dia melihat titik lemah di motor. Dan kami berkonsentrasi dengannya untuk meningkatkan aspek-aspek ini.”

“Tentu, dia cukup istimewa dalam hal tinggi badan. Tetapi dia juga memiliki pemahaman yang sangat baik, tentang bagaimana mengembangkan sesuatu untuk dirinya sendiri atau secara umum untuk meningkatkan motor. Dia bisa membedakannya dengan sangat baik. Dia pasti sangat membantu di semua bagian motor.”

Tentu saja, Direktur Teknik itu belum mau membeberkan apa yang akan berubah pada RC16 untuk musim depan. Dia hanya sebatas mengatakan ini, “Benar, kami dapat melakukan sesuatu tentang regulasi untuk tahun depan, karena kami berada dalam fase transisi antara ‘tim konsesi’ dan tidak ada konsesi.”

“Kami juga mengklarifikasi itu. Tapi saya belum bisa mengatakan seperti apa motor baru itu nantinya. Kami masih mengerjakannya. Dani memiliki program pengujian yang sangat sibuk. Seperti biasa, kami bekerja ke segala arah. Seberapa berbedanya motor baru tidak akan ditentukan sampai program pengujian selesai. Itu akan terjadi pada akhir November.”

Be the first to comment

Leave a Reply