Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah!

Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah
Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah

RiderTua.com – Cedera Marc ada hikmahnya bagi Honda di MotoGP 2020. Takeo Yokoyama, manajer teknis HRC berujar: “Tanpa cedera Marc, Honda tidak akan berubah”.. Bos teknis HRC itu berbicara tentang perubahan yang telah dilakukan pada RC213V setelah cedera pembalap Spanyol dan menyebut ada proses regenerasi.. Berawal dari musim terburuk bagi tim pabrikan dan satelit Honda di awal musim. Membuat tim sayap emas dipaksa membuat konsep dan filosofi baru dengan gaya balap lain (bukan motor dengan gaya Marc). Absennya juara dunia delapan kali itu sangat mengganggu rencana Honda. Terpaksa mengalihkan perhatian ke Takaaki Nakagami dari tim satelit Honda LCR, besutan Lucio Cecchinello.

Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah

“Ketika Honda punya juara (Marc), motor itu cocok untuknya. Filosofi kami adalah membuat motor beradaptasi dengannya (Marc). Itulah yang telah kami lakukan selama tujuh tahun terakhir, tetapi tiba-tiba patokan kami hilang (cedera). Saya tidak bisa mengatakan kami benar-benar tersesat. Tetapi kami harus memproyeksikan semua yang telah dilakukan hingga saat itu ke gaya balap yang lain. Jadi, semua insinyur duduk dan mulai berpikir tentang elemen apa yang harus mereka kerjakan tanpa Marc,” kata Takeo Yokoyama, manajer teknis HRC, dalam wawancaranya dengan The Race.

Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah

Nakagami yang Terpilih

Dari sini, maka fokus HRC beralih ke Takaaki Nakagami, orang yang terpilih, mengingat Cal Crutchlow juga mengalami cedera di awal musim.. “Musim dimulai dari MotoGP Jerez, sirkuit yang selalu disukai Nakagami, meskipun hasilnya tidak cemerlang. Jadi setelah balapan kami memberinya ceramah yang sangat serius. Dan kami mengatakan kepadanya bahwa dia harus berbuat lebih banyak, kami semua harus berbuat lebih banyak dan bekerja sama. Perilakunya telah berubah dan juga gaya balapnya. Kami menunjukkan kepadanya data dari tahun-tahun lain dan Takaaki dapat melihat apa yang dilakukan Marc di trek. Kami mengerjakan semua detail dan di balapan Jerez kedua kami meningkat,” lanjut Yokoyama..

Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah
Yokoyama Akui: Tanpa Cedera Marc, Honda Tidak Akan Berubah

Ada Regenerasi

Manajer teknis HRC itu kemudian menarik kesimpulan dari kejadian tak terduga yang Honda alami setelah cedera Marc Marquez.. “Kami mencoba melakukan yang terbaik dengan apa yang kami miliki. Motornya, bannya … Itu menantang tapi juga regenerasi. Saya pikir jika Marc tidak cedera di awal musim, motornya tidak akan sama seperti sekarang. Sekarang kami mengikuti umpan balik dari para pembalap yang kami miliki saat ini. Sedangkan jika Marc ada di sana (tidak cedera) untuk memberikan saran, kami tidak akan pernah pergi ke arah lain (motor tidak berubah),” pungkas Takeo Yokoyama..

Be the first to comment

Leave a Reply