Jika 3 Balapan Batal, Tiga Juara Dunia Bisa Dinobatkan?

Jika 3 Balapan Batal, Tiga Juara Dunia Bisa Dinobatkan
Jika 3 Balapan Batal, Tiga Juara Dunia Bisa Dinobatkan

RiderTua.com – Jika 3 balapan batal atau musim berakhir lebih awal, apakah tiga juara dunia ini bisa dinobatkan… Apakah Albert Arenas, Sam Lowes dan Joan Mir, 3 juara dunia baru yang layak dinobatkan?. Meskipun hanya dengan 11 seri (terakhir GP Teruel) ?

Jika Musim Berakhir Lebih Awal, Tiga Juara Dunia Bisa Dinobatkan

Masa karantina diberlakukan lagi di beberapa negara di Eropa. Di Jerman, Bos CSU Markus Soder berbicara mengenai ‘masa karantina yang dibedakan’. Karantina ringan juga dilakukan (di Italia) atau karantina sebagian, misalnya yang terjadi di Spanyol.

Pada dasarnya, hasilnya sama. Persyaratan penggunaan masker diperketat di mana-mana, jam malam diberlakukan, ada jam malam, peringatan perjalanan, larangan akomodasi, bahkan penutupan perbatasan antara Bavaria dan Austria kini sedang berlangsung.

Inilah mengapa para pembalap, tim, pabrikan, dan fans semakin mengkhawatirkan hal itu. Apakah 3 balapan MotoGP terakhir yang akan digelar di Valencia (8 dan 15 November) dan Portimao (22 November) dibatalkan?

Jadwal MotoGP 2020 Terbaru (Portugal)
Jika 3 Balapan Batal, Tiga Juara Dunia Bisa Dinobatkan? (hanya 11 seri)

Sejauh ini, kebebasan bepergian sudah terjamin. Berbeda dengan bulan Maret, ketika orang-orang dari Italia akan dikarantina selama dua minggu setelah memasuki Qatar.

Manajer tim Liqui-Moly-Intact-GP, Jurgen Lingg mengatakan, “Saya memeriksakan diri ke departemen kesehatan. Jika kita bepergian untuk urusan bisnis, kita bisa terbang ke Valencia setelah All Saints Day.”

Tim French Red Bull KTM Tech3 juga percaya diri, meskipun ada karantina baru yang mulai berlaku hari ini. “Olahraga profesional tidak terpengaruh oleh pembatasan perjalanan di Prancis,” kata pemilik tim Tech3 Herv√© Poncharal setelah bertanya kepada FIM.

Dorna Tak Bisa Membatalkan Balapan

Tetapi muncul pertanyaan, Apa yang terjadi dalam kasus terburuk jika tiga balapan MotoGP terakhir harus dibatalkan?

Tidak ada yang ingin membayangkan skenario ini saat ini. Namun demikian dapatkah gelar Kejuaraan Dunia diberikan berdasarkan Kejuaraan Dunia setelah MotoGP Teruel? Apakah jumlah balapannya cukup?

Jawaban yang jelas, setelah berdiskusi dengan pihak ofisial yang bertanggung jawab dan bos tim. Ya, itu sudah cukup di ketiga kelas GP, termasuk Red Bull Rookies Cup, yang sejauh ini 8 dari 12 balapan telah diadakan.

Ketika Dorna membeli hak komersial untuk olahraga MotoGP dari asosiasi olahraga motor FIM, seharga 6 juta dolar setahun sebelum musim 1992, Dorna berkomitmen untuk mengadakan minimal 13 balapan per tahun.

Klausul kontrak ini diangkat pada musim semi 2020, ketika tidak ada yang bisa menilai apakah 6, 10, 12 atau lebih balapan akan dimungkinkan meskipun terjadi krisis kesehatan dunia.

Saat itu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan Presiden FIM Jorge Viegas sepakat untuk mengabaikan paragraf ini, karena C-19 dan menggantinya dengan ‘force majeur’.

Ezpeleta dan Viegas menyetujui skenario berikut. “Apapun yang terjadi, kami akan menggunakan klausa ‘Force Majeur’.” Peraturan Grand Prix FIM tidak menetapkan jumlah balapan minimum per musim. Sebelum era Dorna, itu enam balapan setahun.

“Di masa-masa sulit ini, mitra kontrak setuju bahwa kami bahkan dapat memilih juara dunia yang layak dengan kurang dari 10 balapan per kelas,” tegas Herve Poncharal, Presiden asosiasi tim IRTA.

Artinya, di tahun 2020 juara dunia pasti akan dinobatkan dan dianugerahkan di ketiga kelas GP. Carmelo Ezpeleta juga menekankan, “Saat ini, tidak ada yang menghalangi penyelenggaraan tiga balapan terakhir.”

Dorna tidak dapat membatalkan balapan dari pihak mereka. Jika tidak mereka akan melanggar kontrak dengan penyelenggara di Valencia dan Portimao. Keputusan dan tanggung jawab untuk mengadakan atau membatalkan tiga balapan yang tersisa, ada pada otoritas kesehatan nasional dan regional.

Be the first to comment

Leave a Reply