Toyota Innova Kena Recall di Filipina, Kenapa?

(Foto: Toyota Sidoarjo)

RiderTua.comToyota Innova tiba-tiba kena recall di Filipina karena suatu masalah. Bahkan tak hanya mobil medium MPV ini saja yang ditarik kembali, tetapi juga sejumlah produk Toyota lainnya seperti Alphard dan Fortuner. Toyota Innova kena recall ternyata masih terkait dengan masalah fuel pump. Jadi Indonesia yang sudah lebih dulu menariknya tak perlu melakukannya dua kali.

Toyota Innova Kena Recall Terkait Masalah Fuel Pump

Toyota Motor Philippines menarik sejumlah mobilnya yang dijual disana, terdiri dari Innova, Fortuner, Alphard, Corolla Altis, FJ Cruiser, dan Land Cruiser Prado. Kebanyakan merupakan unit tahun produksi 2013 sampai 2019, dan sama-sama memiliki masalah fuel pump alias pompa bahan bakar. Sepertinya masalah ini semakin merambah ke negara lain, tak hanya di Indonesia.

Filipina dan Indonesia menjadi dua dari sejumlah negara yang terkena dampak recall 2 juta unit mobil Toyota di seluruh dunia. Masalah pompa bensin ini disebabkan dari mekanisme baling-baling rotor pompa yang dapat berubah bentuk dan menyebabkan mesin tak bisa bekerja normal. Dalam kasus lebih serius, mesin bisa mati mendadak, dan ini bisa membahayakan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Toyota Innova kena recall

Segera Ditangani

Kalau di Indonesia ada sekitar 36 ribu unit yang terdampak, entah berapa unit yang ditarik di Filipina. Yang jelas, Toyota akan berusaha semaksimal mungkin untuk menangani masalah tersebut. Tentu saja ini dilakukan demi kenyamanan serta keselamatan konsumennya, walau sejauh ini fuel pump belum menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Masalah fuel pump tak hanya menimpa Toyota saja, tetapi sejumlah merek lainnya seperti Mitsubishi-Nissan dengan Xpander-Livina, serta Honda. Banyak yang menduga kalau masalah ini terjadi hampir bersamaan karena menggunakan komponen dari perusahaan yang sama. Entah apakah perusahaan tersebut bertanggung jawab atas masalah ini.

Walau begitu, Toyota masih belum bisa memastikan apakah komponen fuel pump disana sama dengan di Indonesia. Terlepas dari itu, Toyota akan terus menghimbau kepada pemilik mobil yang terdampak untuk segera memperbaiki kendaraannya. Sementara Toyota Astra Motor (TAM) tetap meneruskan perbaikan komponen fuel pump pada puluhan ribu unit mobil di seluruh wilayah Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply