Avanza Kuasai Segmen LMPV Bulan September 2020!

Toyota catatkan penjualan mobil

RiderTua.com – Meski kalah dari Honda Brio, Toyota Avanza kuasai segmen LMPV di Indonesia. Dengan perolehan lebih dari 2 ribu unit selama sebulan kemarin, mobil andalan Toyota ini masih mampu mengungguli rival sekelasnya. Avanza tetap kuasai segmen LMPV di peringkat teratas dan mengalahkan rival utamanya, Xpander. Tapi ada yang penjualannya makin terpuruk walau kondisi sudah membaik.

Avanza Kuasai Segmen LMPV dan Mengalahkan Xpander

Toyota mencatatkan penjualan sebanyak 1.988 unit untuk LMPV andalannya, Avanza. Hasil ini lumayan bagus dari bulan sebelumnya, meski tak sebagus tahun lalu di periode yang sama. Toyota menjelaskan kalau kenaikan penjualan ini terjadi karena stok di dealer masih cukup untuk memenuhi permintaan pasar ketika produksinya belum sepenuhnya kembali normal.

Hasil yang didapat Avanza memang jauh lebih sedikit dari tahun 2019, dengan 9.476 unit terjual, meski setidaknya itu sudah cukup bagus bagi Toyota. Hasil ini juga melebihi model lainnya seperti Nissan Livina, yang terjual sebanyak 1.377 unit pada September lalu. Padahal Livina sempat menyalip penjualan Avanza pada beberapa bulan sebelumnya.

Avanza tetap kuasai segmen LMPV

Mobilio Makin Menjauh?

Dibawah Livina ada kembarannya sendiri, Mitsubishi Xpander, yang mencatatkan hasil lebih sedikit, yaitu 960 unit. Kalau dilihat dari daftar sebelumnya Xpander mengungguli Livina, tapi itu termasuk varian Cross, dan yang ini data untuk model LMPV. Tapi kalau dibandingkan dengan Xpander Cross, model MPV-nya masih cukup laris di pasar.

Selanjutnya Daihatsu Xenia yang berhasil menjual 396 unit saja, dan kalau dibandingkan dengan kembarannya, Avanza, hasilnya jauh lebih sedikit. Pemandangan seperti ini dianggap Daihatsu sudah biasa, karena baik Avanza maupun Xenia punya segmentasi pasar yang berbeda. Sementara Suzuki Ertiga di posisi kelima penjualan dengan 346 unit terjual selama bulan September 2020.

Dua mobil LMPV lainnya, yaitu Honda Mobilio dan Wuling Confero, masing-masing terjual sebanyak 189 dan 148 unit. Entah mengapa Mobilio makin lama makin terpuruk, sedangkan Brio dan mobil Honda lainnya semakin laris. Honda sendiri tak mau meluncurkan facelift untuk tahun ini karena kondisi pasar yang belum membaik.

Be the first to comment

Leave a Reply