BMW Recall Mobil Listriknya Karena Masalah Baterai!

RiderTua.com – Tiba-tiba saja BMW mengumumkan recall mobil listriknya setelah ditemukan masalah pada baterainya. Model yang di-recall tentu saja model listrik hingga plug-in hybrid seperti i8, X Series, hingga Seri mobil lainnya seperti 5 Series. BMW recall mobil listriknya termasuk model Mini Countryman. Mereka akan segera mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

BMW Recall Mobil Listriknya Termasuk Mini

Entah mengapa akhir-akhir ini makin banyak mobil ramah lingkungan yang ditarik oleh produsen karena masalah baterai. Terakhir Hyundai menarik ribuan unit Kona EV karena korsleting listrik pada baterai, meski penyebab utamanya masih diselidiki. Mitsubishi juga pernah mengalami masalah pada baterai Outlander PHEV di tahun 2013, tapi kini masalah tersebut sudah diatasi.

Masalah tersebut diyakini BMW terjadi akibat korsleting pada komponen baterai mobilnya. Sisa pengelasan ketika dirakit diduga masuk ke dalam baterai, sehingga ada potensi komponen bisa terbakar dengan sendirinya jika dalam kondisi baterai penuh. Produsen baterai asal Swedia, Northvolt, bertanggung jawab atas kesalahan tersebut dan BMW mulai mengumumkan recall.

BMW recall mobil listriknya

BMW dan Mini

Gawatnya Northvolt tak hanya menjadi pemasok baterai untuk BMW, tetapi juga produsen otomotif lainnya di dunia. Tercatat ada 26,7 ribu unit mobil BMW yang terdampak. Unit yang kena dampak dari masalah tersebut sebagian berupa mobil yang sudah dibeli konsumen dan ada yang masih dalam tahap pengiriman.

Dari 26,7 ribu unit tersebut, terdiri dari berbagai macam produk BMW. Mulai dari X-Series (X1 F48, X2 F39, X3 G01, X5 G05), sampai BMW Series (Seri 2 Active Tourer F45, Seri 3 G20, Seri 3 Touring G21, Seri 5 G30, Seri 5 Touring G31, Seri 7 G11 dan G12). Lalu ada juga mobil listrik BMW i8 dan Mini Countryman F60.

BMW meminta maaf kepada konsumennya yang terdampak recall mobil, dan berjanji akan segera menyelesaikannya. Entah apakah itu mencakup negara Jerman saja atau seluruh dunia, termasuk Indonesia, mengingat sebagian unit tersebut dijual disini.

Be the first to comment

Leave a Reply