Corolla Cross dan Fortuner Facelift Dapat 5 Bintang Dari ANCAP!

Kicks e-Power murah meriah membuat Corolla Cross ketar-ketir

RiderTua.com – Tak disangka kalau Corolla Cross dan Fortuner Facelift yang baru dirilis mendapat 5 bintang dari ANCAP (ASEAN NCAP). Sepertinya kedua mobil ini mampu menorehkan hasil yang maksimal meski masih tergolong produk baru di pasar Asia Tenggara. Corolla Cross dan Fortuner Facelift mendapat rating 5 bintang setelah melalui serangkaian tes. Entah itu tes tabrak biasa maupun pengujian fiturnya.

Baca juga: Toyota Innova Facelift Hadir di Vietnam, Ini Banderolnya

Corolla Cross dan Fortuner Facelift Melalui Serangkaian Tes

Baik Corolla Cross maupun Fortuner Facelift sudah dirilis di Thailand beberapa bulan lalu, termasuk Indonesia. Meskipun untuk Fortuner masih harus menunggu sehari lagi untuk dirilis bersama dengan Kijang Innova Facelift. Kedua mobil SUV Toyota ini ternyata sudah diuji coba oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program).

Fortuner Facelift mendapat skor keseluruhan 87,46 poin dan Corolla Cross sebesar 88,61 poin. Tentu mengejutkan kenapa Corolla mendapat poin lebih banyak dari Fortuner, meskipun SUV ladder frame tersebut berusia lebih tua darinya. Tentu ada faktor lain kenapa Corolla Cross mendapat skor tinggi, salah satunya kelengkapan fitur keselamatan yang dimilikinya.

Corolla Cross dan Fortuner Facelift dites ANCAP

Lima Bintang

Fortuner Facelift mendapat 34,03 poin untuk perlindungan penumpang dewasa, 43,38 poin untuk perlindungan penumpang anak-anak, serta safety assist 18,06 poin. Sementara Corolla Cross mendapat 33,01 poin untuk penumpang dewasa, 44,35 poin untuk perlindungan anak-anak, dan safety assist 20,14 poin. Meski soal perlindungan orang dewasa tak sebagus Fortuner, tapi di sisi lain Corolla Cross masih lebih unggul.

Perlu diketahui kalau unit yang dites berbeda-beda, dengan Fortuner Facelift yang diuji adalah varian mesin 2.800 cc 1GD yang tak dijual di Tanah Air. Berbeda dengan Corolla Cross dimana unit yang diuji sudah dijual di Indonesia, yaitu tipe G Hybrid. Entah apakah skor ini dipengaruhi dari Toyota Safety Sense, mengingat fitur ini tak ditemukan pada kedua mobil tersebut disini.

Terlepas dari itu, setidaknya hasil yang didapat mampu membuat Toyota puas, karena kedua produk anyarnya ini mendapat rating 5 bintang dari ANCAP. Dengan ini Fortuner Facelift dan Corolla Cross bisa setara dengan model SUV lainnya yang meraih rating serupa, yaitu Proton X50.

Be the first to comment

Leave a Reply