Ada Apa Dengan Dovizioso ?

MotoGP Ada Apa Dengan Dovizioso ?

RiderTua.com – Ada apa dengan Dovizioso ?.. Perjuangan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya kemarin harus terhenti setelah terlibat kecelakaan dengan Johann Zarco. Ternyata ini bukan pertama kalinya ia tersingkir gara-gara ‘bersenggolan’ dengan pembalap rivalnya. Dovi pernah terjatuh sebanyak tujuh kali sebelumnya karena bersenggol dengan pembalap lain. Akibatnya tentu saja ia tak bisa melanjutkan balapan. Apakah ini sudah nasibnya, karena bukan kesalahannya?

Ada Apa Dengan Dovizioso ?

Performa Dovi sepanjang GP Catalunya 2020 kemarin sudah cukup bagus, bahkan ia hampir bisa memimpin balapan dan mencoba menyusul Fabio Quartararo. Sayang perjuangannya harus terhenti setelah ia terlibat insiden dengan Zarco, praktis keduanya tak bisa melanjutkan balapan. Bisa terbayang bagaimana kesalnya Dovi saat itu, padahal sedang bagus-bagusnya.

‘Insiden’ di GP Catalunya 2020 bukanlah yang pertama dialami Dovi dan melibatkan pembalap lain, tapi itu sudah terjadi selama tujuh kali dalam karirnya. Entah itu gara-gara salah perhitungan atau nasib buruk, inilah yang membuatnya selalu start jauh dari belakang. Terkadang bisa beruntung atau bahkan sial.

Mungkin masih ingat bagaimana Dovi dan Cal Crutchlow terlibat kecelakaan pada GP Malaysia tahun 2015 lalu. Meskipun mengandalkan motor Ducati Desmosedici dengan winglet, Dovi malah terjatuh bersama dengan Crutchlow di tikungan 6. Otomatis kejadian itu mempupuskan harapannya untuk bisa meraih posisi ke-4.

Catatan lainnya mengenai keterlibatan Dovi dengan rider lain dalam kecelakaan juga terjadi dua kali pada tahun 2016. Dimana saat itu pembalap berusia 34 tahun tersebut bersenggolan dengan Andrea Iannone dan Dani Pedrosa di GP Argentina dan Amerika. Tapi insiden di Amerika terjadi karena kesalahan Dovi saat mengerem di tikungan pertama.

Andrea Dovizioso jatuh lagi dalam balap MotoGP Argentina setahun setelahnya yang melibatkan Aleix Espargaro, dan ia mengaku kalau sirkuit disana kurang cocok baginya. Setelah melalui berbagai seri tahun selanjutnya dengan mulus, kesalahan saat mengerem membuat Jorge Lorenzo dan Pedrosa tersingkir di GP Spanyol 2018. Momen ini menjadi sesuatu yang masih diingat olehnya, karena melibatkan dua pembalap sekaligus.

Ada Apa Dengan Dovizioso ?
Ada Apa Dengan Dovizioso ?

Tapi itu masih belum seberapa dengan insiden di seri MotoGP Catalunya tahun 2019, namun kali ini Lorenzo yang membuat kesalahan sehingga Andrea Dovizioso, Vinales, dan Rossi tersingkir dari balapan. Kemudian seri Inggris 2019 berakhir buruk setelah bersenggolan dengan Quartararo dan hampir menyenggol Alex Rins. Motornya terbakar sementara ia selamat tapi tak dapat melanjutkan sisa balapan.

Be the first to comment

Leave a Reply