Mobil Bensin akan Dilarang Dijual di Inggris 10 Tahun Lagi

RiderTua.com – Ketika mobil ramah lingkungan semakin merajalela, mobil bensin yang akan dilarang dijual di Inggris mulai tahun 2030. Sepertinya negara ini sudah semakin mantap dalam mengurangi emisi karbon yang mengkhawatirkan. Mobil bensin akan dilarang dijual bahkan beredar di Inggris pada saat itu, dan termasuk diesel. Sehingga nantinya hanya menyisakan kendaraan hybrid maupun listrik.

Baca juga: Ada Mobil yang Sering Ditilang di Amerika Serikat ?

Mobil Bensin akan Dilarang di Inggris Termasuk Diesel

Sebagian negara di dunia sudah mulai memberikan insentif khusus bagi kendaraan ramah lingkungan. Namun belum ada yang mampu melarang penjualan mobil bensin dan diesel, setidaknya untuk sekarang. Tapi ke depannya akan ada negara yang akan memberlakukan aturan tersebut, seperti Inggris, meski pelaksanaannya baru dilakukan satu dekade lagi.

Mungkin Inggris akan menjadi negara pertama yang memberlakukan larangan penjualan mobil bahan bakar fosil di dunia. Pemerintah setempat mengaku sudah siap kapan saja untuk menerapkan aturan tersebut. Jadi kenapa nggak dilakukan tahun 2025 atau tahun depan? Ternyata ini menyangkut kondisi pasar otomotif yang masih melemah.

Mobil bensin akan dilarang di Inggris
Jimny sudah tak dijual lagi di Inggris karena emisi

Tunggu Kondisi Pulih

Tentu banyak orang sudah tahu bagaimana kondisi sekarang, dimana pasar roda empat di seluruh dunia mengalami penurunan performa penjualan. Apalagi dengan penutupan produksi mobil untuk sementara waktu sudah menganggu aktivitas pengembangan mobil. Sehingga ditakutkan kalau aturan tersebut berlaku, maka akan ada produsen yang belum siap.

Inggris sudah menunda pelaksanaan aturan tersebut hingga tahun 2030, dan tahun tersebut menjadi waktu ideal bagi mereka maupun produsen. Karena kebanyakan prediksi soal populasi mobil hybrid dan listrik akan naik drastis pada tahun itu. Diharapkan pada saat itu juga Inggris dan negara lain di seluruh dunia mampu menurunkan angka emisi dalam jumlah besar.

Sepertinya ini menjadi sesuatu yang cukup bagus karena pemerintah sudah mendukung total keberadaan kendaraan ramah lingkungan. Indonesia? Memang masih baru dalam tahap awal, tapi sedikit demi sedikit maka semua akan masuk ke dalam era mobil hybrid-listrik pada waktunya.

Be the first to comment

Leave a Reply