Suzuki: Mobil Niaga Jadi Andalan Dalam Kondisi Sekarang

Pikap Carry jadi andalan lagi

RiderTua.com – Dalam situasi seperti ini, sepertinya mobil niaga jadi andalan terakhir produsen otomotif di Indonesia. Terutama Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengandalkan Carry sebagai produk niaga yang paling diunggulkan. Menurut SIS, mobil niaga memang jadi andalan karena sudah banyak dicari oleh konsumen. Sehingga produsen bisa memanfaatkan ini untuk memaksimalkan penjualannya.

Baca juga: Ketika Pikap Carry Jadi Andalan Suzuki (Lagi)

Mobil Niaga Jadi Andalan Karena Dicari Konsumen

Kalau dilihat, memang segmen mobil niaga masih dikuasai oleh Suzuki Carry, terhitung sejak bulan Agustus lalu. Sepertinya perombakan model ke generasi berikutnya sudah sukses menarik perhatian banyak konsumen Indonesia. karena tak hanya menawarkan fitur-fitur terkini, tapi juga modelnya yang jauh lebih modern dari sebelumnya.

Tentu Carry bukanlah satu-satunya mobil andalan SIS selama ini, karena mereka masih punya Ertiga hingga XL7, versi crossover-nya. Hanya saja dengan kondisi pasar roda empat yang memburuk membuat penjualan mobil penumpang alias passenger car menurun. Tapi keadaan sebaliknya terjadi di segmen mobil niaga, dimana hampir tak terlihat ada penurunan penjualan sama sekali.

Mobil niaga jadi andalan

‘Penyelamat SIS’

Keadaan ini sepertinya dimanfaatkan dengan baik oleh SIS. Terbukti dengan hasil penjualan Carry yang mendominasi 53 persen total penjualan keseluruhan mobil Suzuki. Hasil ini bahkan melampaui Ertiga dan XL7 yang masing-masing berkontribusi sebesar 15 dan 11 persen. Di segmennya, Carry bahkan mampu menguasai 66 persen penjualan ritel.

Meskipun masih kalah dari Toyota-Daihatsu soal penjualan mobil penumpang, setidaknya Suzuki masih unggul di segmen lain. Carry menjadi model unggulan di kelas mobil niaga, mengungguli DFSK Supercab sampai Daihatsu Gran Max Pick-up yang sudah menjadi rival utamanya. Memang tak mudah untuk bisa mencapai semua itu.

Carry sepertinya akan terus diandalkan SIS selama masa-masa ini, hingga sudah waktunya penjualan mobil penumpang kembali naik lagi. Tapi tetap saja mereka takkan meninggalkan Carry begitu saja, mengingat model ini masih diandalkan. SIS akan terus memberikan yang terbaik bagi konsumen Carry, serta konsumen produk Suzuki lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply