Ketika Pikap Carry Jadi Andalan Suzuki (Lagi)

Honda Brio mendominasi penjualan

RiderTua.com – Lagi-lagi si pikap Carry jadi andalan Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada bulan Agustus lalu. Mobil niaga ini memuncaki penjualan SIS selama bulan kemarin, bahkan seakan tak ada yang bisa menyalipnya. Pikap Carry jadi andalan lagi di bulan Agustus, serta beberapa bulan sebelumnya. Bisa dikatakan kalau kendaraan niaga menjadi incaran konsumen Indonesia dalam kondisi seperti ini.

Baca juga: Mobil Suzuki Edisi Spesial akan Disiapkan di Indonesia ?

Pikap Carry Jadi Andalan Lagi di Bulan Agustus

Carry tercatat menjadi mobil niaga terlaris dengan penjualan ritel sebesar 23.856 unit selama 8 bulan pertama tahun 2020. Artinya Carry menyumbang hingga 53 persen penjualan kendaraan niaga di Indonesia, Tentu ini lebih dari separuh segmen sudah dikuasai oleh model tersebut sendiri, dan menjadi bukti kalau Carry masih menjadi incaran konsumen.

Memang segmen kendaraan niaga menjadi segmen satu-satunya yang tak terkena dampak penurunan performa pasar secara signifikan. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan mobil niaga untuk mengirim atau distribusi barang ke berbagai tempat. Pikap menjadi andalan karena bisa melalui jalan yang sempit dan tak rata, terlebih Carry punya tempat ‘spesial’ bagi konsumen sejak lama.

Pikap Carry jadi andalan lagi

Ertiga dan XL7

Carry sendiri terjual sebanyak 3.111 secara retail pada bulan Agustus lalu, dan ini masih lumayan bagus jika dibandingkan dengan mobil Suzuki lainnya. LMPV Ertiga mencatatkan 6.870 unit mobil terjual dari bulan Januari hingga Agustus, mungkin hasil ini tak terlalu bagus. Tapi setidaknya Ertiga masih bisa berkontribusi dalam penjualan SIS.

Kemudian XL7 di periode yang sama juga berhasil menjual sebanyak 5.095 unit, selisihnya tak terlalu jauh dari ‘kembarannya’. Kedua mobil ini masing-masing mendominasi 15 hingga 11 persen penjualan SIS selama 8 bulan tahun 2020. Hasil yang positif juga terlihat pada model Suzuki lainnya, mulai dari Baleno, Ignis, Karimun Wagon R, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa meningkatkan penjualannya, SIS sudah menyiapkan dua mobil baru untuk dikenalkan pada tahun ini juga. Yang satu adalah ‘mobil murah’ dan satunya lagi berupa edisi terbatas. Entah akan seperti apa modelnya, tapi mobil murah yang dimaksud mungkin Karimun Wagon R Facelift atau setidaknya model all new.

Be the first to comment

Leave a Reply