Ikan Hiu Makan Tomat, Ban Michelin Baru Bikin Dovi Tobat!

Bos Ducati MotoGP mengatakan bahwa di Ducati ban Michelin baru ini tidak masalah dengan rider yang belum lama datang dari Moto2. Bagaimana dengan Dovizioso?

MotoGP Ada Apa Dengan Dovizioso ?

RiderTua.com – Ada peribahasa baru yang juga cocok dengan kondisi Dovi yang ampun-ampunan dengan ban baru.. Ikan Hiu Makan Tomat, Ban Michelin Baru Bikin Dovi Tobat.. Hasil kualifikasi Misano-2 membuat Andrea Dovizioso harus start dari urutan ke-10 race nanti malam. Dia menjelaskan kenapa dia sekarang kesulitan di musim MotoGP 2020. Yang membuat Andrea Dovizioso minta ampun, nyerah alias tobat adalah ban Michelin.. Bahkan dia pernah mengatakan bahwa: Ban baru Michelin saat ini istimewa dan bahkan mungkin Marc akan kesulitan naik podium dalam keadaan tertentu, kata Dovizioso, dalam sebuah wawancara dengan media Italia..

Ban Michelin Baru Bikin Dovi Tobat

Di belakang Bagnaia dan Petrucci Q2

“Saya tidak berpikir absennya Marquez mengubah strategi siapa pun. Semua orang mendapatkan hasil negatif dengan ban musim ini dan tidak ada yang benar-benar konsisten. Marc Marquez di Jerez memang menunjukkan kekuatannya yang luar biasa. Dan semua orang berpikir jika dia berada di trek, dia akan melakukan apa yang dia inginkan.. Tapi menurut saya itu tidak begitu jelas sebagai cerminan. Ban ini istimewa dan bahkan mungkin Marc akan kesulitan naik podium dalam keadaan tertentu,” ujar Andrea Dovizioso yakin…

Andrea Dovizioso tampak sedih harus berjuang melalui Q1 dan tempat kesepuluh di grid untuk balapan seri Emilia Romagna (GP Misano-2).. “Kami menganalisis dan mempelajari data berulang kali, setelah setiap sesi. Cukup jelas apa yang sedang terjadi, tetapi sangat sulit dilakukan di trek. Sulit mengubah fase pengereman karena banyak yang terjadi di sana,” katanya.

Ikan Hiu Makan Tomat, Ban Michelin Baru Bikin Dovi Tobat

Kenapa dengan Ban Michelin Baru?

Sekali lagi, pembalap tim resmi Ducati menekankan masalah yasng mendasar yang dialaminya.. “Apa yang telah saya lakukan dalam tiga tahun terakhir.. Dan apa yang telah kami lakukan lebih baik dari lawan kami dan kini tidak lagi berhasil. Saya bahkan tidak mencoba mengulanginya. Tapi mengubahnya juga sangat sulit. Setingan motor juga sangat berbeda dari apa pun yang kami lakukan selama tiga tahun terakhir. Cara itu tidak bekerja secara naluriah bagi saya, itu membutuhkan waktu. Saya harus berusaha keras untuk membalap seperti ini, dan itulah mengapa saya kesulitan.”

Namun, pada hari Sabtu dia melihat adanya sedikit peningkatan… “Pada sore hari kecepatan saya meningkat, saya bisa mengerem lebih keras dan dengan catatan waktu 1: 31,5 di Q2 MotoGP itu bagus, kecepatannya bagus. Saya tahu saya kekurangan 0,2 detik dari dua baris pertama di grid, tapi saya tidak bisa mengeluarkan potensinya.”

Ban Michelin Baru Bikin Dovi Tobat?

Apakah benar ban Michelin baru bikin Dovi tobat ?.. Dovizioso mencoba menjelaskan apa saja yang berubah secara mendetail, terutama pada fase pengereman.. “Saya akan coba menjelaskannya sesederhana mungkin … Tahun lalu, grip ban belakang tidak sama dengan grip ban baru. Jadi Anda tidak bisa menghentikan motor saat menginjak rem, Anda harus menggunakan kedua ban seperti biasa dengan Michelin”.

“Namun, dalam tiga tahun terakhir, kami telah mengubah set-up dan menggunakan ban depan lebih banyak untuk mengerem motor. Pada saat yang sama, kami bermain dengan sliding di ban belakang untuk menghentikan motor dan berbelok di tikungan. Tahun ini cengkeramannya berbeda, Anda memiliki cengkeraman lebih. Jadi satu-satunya dan cara terbaik untuk menjadi lebih cepat adalah dengan menggunakan area masuk tikungan lebih dari fase pengereman”.

“Jadi kita harus mengerem dengan cara berbeda, kita tidak dapat menghasilkan sliding yang sama dan Anda tidak dapat memainkannya lagi. Dan pada fase terakhir memasuki tikungan Anda harus lebih cepat dari tahun lalu karena ban belakang baru memberi Anda kesempatan. Untuk melakukan ini, bagaimanapun, Anda harus terlebih dahulu membawa motor ke posisi tertentu agar dapat melakukan manuver itu karena ban belakang mendorong bagian depan”, katanya..

Bos Ducati mengatakan bahwa di Ducati ban Michelin baru ini tidak masalah dengan rider yang belum lama datang dari Moto2. Contohnya terjadi pada Frencesco Bagnaia.. Apakah Dovi bisa mengubah gaya balapnya dalam waktu singkat? namun tahun depan dia sudah tidak di Ducati lagi… Dan akhirnya kini cuma bisa “Ikan Hiu Makan TomatBodo Amat..” tahun depan kan pensiun, mungkin ya.. hehe…

Hasil Kualifikasi (Q2) MotoGP Misano 19 September 2020:

  1. Viñales, Yamaha, 1: 31.077
  2. Miller, Ducati, 1: 31.153
  3. Quartararo, Yamaha, 1: 31.222
  4. Pol Espargaró, KTM, 1: 31.308
  5. Bagnaia, Ducati, 1: 31.313
  6. Binder , KTM, 1; 31.389
  7. Rossi, Yamaha, 1: 31.436
  8. Morbidelli, Yamaha, 1: 31.566
  9. Petrucci, Ducati, 1: 31.574
  10. Dovizioso, Ducati, 1: 31.581
  11. Mir, Suzuki, 1: 31.617
  12. Nakagami, Honda, 1: 32.284

Hasil Q1 MotoGP:

  1. Lecuona, KTM, 1: 31.715
  2. Zarco, Ducati, 1: 31.764
  3. Oliveira, KTM, 1: 31.841
  4. Aleix Espargaró, Aprilia, 1: 31.912
  5. Alex Marquez, Honda, 1: 32.198
  6. Rins, Suzuki, 1: 32.275
  7. Smith, Aprilia, 1: 32.486
  8. Rabat, Ducati 1: 32.850

Be the first to comment

Leave a Reply